You are here

Program Studi Pendidikan Biologi

Indonesian

Pengantar

Program Studi Pendidikan Biologi menyelenggarakan proses belajar mengajar yang kreatif dan inovatif berbasis riset dan teknologi untuk menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidang keilmuan dan kependidikan biologi serta memiliki IMTAQ berbasis keislaman melalui setiap aktivitas akademik dan non akademik. Program ini menghasilkan penelitian yang menunjang pengembangan pendidikan dan pembelajaran serta memberikan layanan kepakaran kepada masyarakat dan lembaga-lembaga terkait dalam pengambangan di bidang keilmuan dan kependidikan biologi berbasis teknologi. Lulusan menyandang gelar S.Pd.

Visi

Pada tahun 2030, Program Studi Pendidikan Biologi unggul dalam pembelajaran kontekstual, berwawasan global, dan dijiwai nilai-nilai Islam.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang unggul dan berbasis kontekstual di bidang kependidikan Biologi dan keilmuan Biologi.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang kependidikan dan keilmuan Biologi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang kependidikan dan keilmuan Biologi.
  4. Mengembangkan jaringan kerja sama dalam bidang kependidikan dan keilmuan Biologi dengan lembaga-lembaga terkait di tingkat nasional maupun internasional.
  5. Menerapkan nilai-nilai Islam pada setiap aktivitas yang dilakukan civitas akademika Pendidikan Biologi.

Akreditasi

Terakreditasi B (186/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013)

Prospek Lulusan

Calon Guru Biologi, Peneliti Pendidikan Biologi, Edubiopreneurship, Instruktur, dan Pengelola Lembaga Pendidikan.

Kompetensi

Kompetensi umum lulusan program studi Pendidikan Biologi :

  1. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang  dihadapi dalam penyelesaian masalah.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.
  4. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

 

Kompetensi Khusus lulusan program studi Pendidikan Biologi :

  1. Mampu memanfaatkan IPTEKS yang relevan dalam lingkup pendidikan Biologi untuk merancang, mengelola, mengimplementasi, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasarkan ilmu pendidikan pada konsep-konsep Biologi yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skills).
  2. Mampu menggunakan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran Biologi sesuai perkembangan jaman untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
  3. Mampu menguasai konsep, prinsip, hukum, dan teori Biologi.
  4. Mampu menguasai teori dan prinsip strategi, model, pendekatan, metode, dan media pembelajaran Biologi.
  5. Mampu menguasai teori dan prinsip perencanaan, pengelolaan, dan keterampilan dalam pelaksanaan evaluasi dan pengembangan pembelajaran Biologi.
  6. Mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran dan memecahkannya menggunakan metode ilmiah dalam pendidikan Biologi.
  7. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data Biologi dalam pendidikan Biologi yang dapat digunakan untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah di pendidikan Biologi
  8. Memiliki kemandirian dan tanggungjawab dalam melaksanakan tugasnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi sebagai pendidik Biologi maupun sebagai bagian dari organisasi

Pengajar

Kompetensi dosen terbagi ke dalam beberapa bidang keahlian yang dimiliki, yakni bidang keahlian zoologi, botani, pendidikan, ekologi, genetika, dan boteknologi. Kualifikasi akademik minimal untuk dosen adalah berkualifikasi S2 untuk pendidikan S1 sesuai dengan bidang keahlian.

Fasilitas Pendukung

Perkuliahan ditunjang oleh sejumlah fasilitas seperti ruang kuliah dengan LCD dan berfasilitas audio visual, perpustakaan, masjid, kantin, ruang parkir, dan area WiFi. Terdapat juga laboratorium PBAB (Pengembangan Bahan Ajar Biologi) yang di dalamnya dilengkapi dengan perpustakaan prodi.  Selain itu, Prodi Pendidikan Biologi memiliki lab school, antara lain SMP Muhammadiyah 2 Depok, Muhammadiyah Boarding School, dan SMP Muhammadiyah 3 Depok. Lab school ini manfaatnya antara lain, sebagai tempat magang mahasiswa, sebagai lokasi pengabdian bagi dosen-dosen Pendidikan Biologi, dan sebagai bentuk kerjasama yang saling menguntungkan.

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan, diantaranya :

  1. Juara II ON MIPA Tahun 2015, diraih oleh Sdra. Muhammad Abdul Aziz.
  2. Juara Essay tahun 2015 di UNNES, oleh Sdri. Jumi Suprihati.
  3. Juara PKM GT (Gagasan Tertulis) tingkat Kopertis tahun 2015, diraih Oleh  Dhynie Soesilo Wahyudi, dkk.
  4. Juara Lomba Alat Peraga di UNY tahun 2015 oleh Sdri. Marni.

Web Program Studi Pendidikan Biologi : http://pbio.uad.ac.id