You are here

Program Studi Pendidikan Fisika

Indonesian

Pengantar

Program Studi Pendidikan Fisika menyelenggarakan proses belajar mengajar yang kreatif dan inovatif untuk menghasilkan lulusan yang cakap di bidang pendidikan Fisika. Visi menjadi program studi yang unggul dalam teknologi pembelajaran Fisika, berkualitas global, dan terpercaya dalam penanaman nilai-nilai intelektual dan moral Islami.

Visi

Tahun 2030 menjadi Program Studi Pendidikan Fisika yang Unggul dalam Teknologi Pembelajaran Fisika, Berwawasan Global, dan ddijiwai Nilai-nilai Islam.

Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan dalam bidang Pendidikan Fisika yang berwawasan global, terpercaya dalam penanaman nilai-nilai intelektual dan moral islami.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang mendukung pembelajaran yang inovatif di bidang pendidikan fisika.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan fisika yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan fisika dengan sesama lembaga di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah dan lembaga lain baik nasional maupun internasional.

Akreditasi

Terakreditasi A (2482/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017)

Prospek Lulusan

Guru, Dosen, Tenaga ahli, Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan entrepreneur di bidang Fisika.

Kompetensi

Standar lulusan Program Studi Pendidikan Fisika meliputi standar kompetensi keilmuan fisika, standar kompetensi pengajaran, standar kompetensi teknologi, dan standar pengetahuan & pengalaman nilai-nilai keIslaman.  Berikut Baku Mutu Keilmuan Fisika  :

1.      Konsep/Prinsip/Hukum Fisika

Guru Fisika menguasi secara menyeluruh pengetahuan esensial dan ketrampilan yang diperlukan untuk mengajar fisika dan memahami aplikasi yang luas dari prinsip-prinsip fisika untuk situasi dunia nyata ( real world )

2.      Mekanika Partikel dan Benda Tegar

Guru Fisika memahami gerak partikel dan benda tegar dalam dimensi kualitatif maupun kuantitatif

3.      Gejala Gelombang

Guru Fisika memahami hakikat, sifat, dan kelakuan dari gelombang mekanik dan elektromagnetik, serta bagaimana gelombang elektromagnetik berinteraksi dengan materi

4.      Termodinamika

      Guru Fisika memahami tentang panas dan materi

5.      Elektromagnetika

Guru Fisika memahami kelistrikan dan kemagnetan dan hubungan antara keduanya

6.      Fisika Modern

Guru Fisika memahami struktur atomik dan nuklir. Guru fisika memahami dasar-dasar elemen dan implikasi darir elativitas khusus, mekani kakuantum, dan fisika zat padat.

Pengajar

Pengajar di Program Studi Pendidikan Fisika merupakan dosen yang berkompeten sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing yaitu bidang pendidikan, Fisika Teoritik, Fisika Partikel, Elektronika Instrumentasi, Komputasi dan Instrumentasi, Fisika Material, dan Fisika Eksperimental.

Fasilitas Pendukung

Perkuliahan di Program Studi Pendidikan Fisika ditunjang oleh sejumlah fasilitas, diantaranya  :

  1. Ruang kelas telah dilengkapi dengan LCD, layar, dan pendingin ruangan
  2. Laboratorium Teknologi & Pendidikan Sains
  3. Laboratorium Micro Teaching
  4. Auditorium untuk pelaksanaan berbagai keperluan akademik, seperti seminar, workshop, dan kuliah umum
  5. Perpustakaan yang menyediakan buku-buku referensi perkuliahan, jurnal, prosiding, dan skripsi mahasiswa.
  6. Ruang sidang dan ruang ujian skripsi mahasiswa
  7. Ruang tamu yang digunakan oleh dosen untuk menerima tamu baik mahasiswa, orang tua mahasiswa, atau tamu lain yang memiliki kepentingan akademik
  8. Ruang baca, rak buku, dan buku teks program studi

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan, diantaranya :

  1. Juara 1 Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi (ON MIPA PT) 2012 yang diselenggarakan Kopertis Wilayah V, atas nama Alvera Wulandhanik.
  2. Juara 2 Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi (ON MIPA PT) 2012 yang diselenggarakan Kopertis Wilayah V, atas nama Mentari Cahya Nisa.
  3. Juara 3 Olimpiade Fisika Kopertis Wilayah V, 2009, atas nama Fitrah Prihatini.
  4. Finalis Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2009 Kompetisi Karya Tulis Alquran (KKTA) dengan judul “Membangun Sikap Menghargai Waktu dengan Buku Fisika Religius” di Univ. Brawijaya, atas nama Nuriyati, Eko Bayu Gumilar, Slamet Waluyo, 2009, 

Web Program Studi Pendidikan Fisika : http://pf.uad.ac.id