You are here

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Indonesian

Pengantar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merilis data, dari 2009 hingga 2014, sebanyak 195.387 orang guru di Indonesia, dari jenjang SD, SMP, hingga SMA/sederajat memasuki masa pensiun. Banyaknya guru, termasuk guru SD yang memasuki masa pensiun, dan di sisi lain, semakin membaiknya taraf kehidupan dan kesejahteraan profesi guru SD saat ini, kian menarik minat generasi muda untuk menjadi guru SD. Di waktu yang sama, kebutuhan guru SD di Indonesia terus bertambah.  Atas dasar hal itu, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) didirikan pada 2011.  Lulusan berhak mendapat gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.).

Visi

Menjadi program studi yang unggul, mampu bersaing, inovatif dan kreatif dalam pembelajaran berbasis riset dan teknologi di bidang pendidikan dasar serta nilai ke-Islaman

Misi

  1. Menyelenggarakan program akademik dan profesional berbasis nilai keislaman
  2. Mengembangkan berbagai strategi pembelajaran inovatif dan kreatif untuk jenjang pendidikan dasar
  3. Menyelenggarakan riset dalam bidang keilmuan kependidikan utamanya terkait dengan pendidikan dasar
  4. Menyelenggarakan program layanan kepakaran kepada masyarakat khususnya pada pendidikan dasar, termasuk peningkatan kepedulian terhadap lingkungan hidup
  5. Memperluas kesempatan belajar di perguruan tinggi, khususnya pada pendidikan guru sekolah dasar

Akreditasi

Terakreditasi B (176/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2014)

Kompetensi Lulusan

1.    Kompetensi Utama

Lulusan dapat memahami karakteristik anak usia SD, termasuk cara belajar, kemampuan awal, kesulitan belajar, serta latar belakang keluarga dan masyarakat untuk menetapkan kebutuhan belajar anak usia SD dalam konteks kebhinekaan budaya, dan memiliki kemampuan dalam merancang, melaksanakan, dan menilai pembelajaran yang mendidik yang mengacu pada pencapaian tujuan utuh pendidikan.

2.    Kompetensi Penunjang

Lulusan dapat memiliki kepribadian yang mendukung guru SD serta menjunjung tinggi kode etik keguruan berdasarkan UU Guru dan Dosen, memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap untuk melaksanakan dan mengelola pembelajaran di SD, serta mampu melaksanakan penelitian di bidang pendidikan, khususnya jenjang SD.

3.    Kompetensi Khusus

Lulusan dapat memiliki pemahaman tentang konsep belajar sepanjang hayat dan implementasinya dalam pembelajaran kemasyarakatan, berkarakter dan berkepribadian, serta menguasai teknologi informasi dan mampu menggunakannya dalam pengembangan profesionalitas berkelanjutan.

Pengajar

Terdiri atas 9 (sembilan) magister lulusan dalam negeri, seperti UGM, UNY, dan UNS, serta memiliki sejumlah bidang keahlian, seperti pendidikan dasar, pendidikan IPA, pendidikan IPS, pengembangan kurikulum, dan pendidikan karakter.

Fasilitas Penunjang

Perkuliahan ditunjang oleh sejumlah fasilitas, di antaranya, ruang kelas ber-LCD dan berfasilitas audio visual, perpustakaan, lapangan olahraga, tempat parkir, masjid, koperasi, IT Center, kantin, dan area WiFi, selain juga laboratorium microteaching, laboratorium digital, laboratorium pembelajaran, pusat konsultasi minat dan bakat, pusat bimbingan dan konseling, ruang Himpunan Mahasiswa Prodi PGSD, dan warung Baksong (Bakso Singkong) Mahasiswa PGSD.

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan diantaranya :

  1. Pemenang PKM DIKTI 2013 Bidang Karya Cipta Sebesar Rp 9.000.000 dengan judul “Holiday at Jogja: Komik Realitas Berbasis Pembelajaran Terpadu sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar” a.n. Andrias Gautgama, Presna Dwi Prihantora, Kurniawan Milia Saputra, dan Fajar Esti Kuncoro.
  2. Pemenang PKM DIKTI 2013 Bidang Kewirausahaan Sebesar Rp 8.500.000 dengan judul “Baksong Saus Tempe”, a.n. Tri Astuti dkk.
  3. Juara 2 Lomba Alat Peraga Edukatif (APE) PG PAUD-PGSD pada 24 Juni 2012, a.n. Afi Nur Afiani, Ariningtyas Sekar P, dan Cuci Hastuti.

Web Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar : http://pgsd.uad.ac.id