You are here

Program Studi Pendidikan Matematika

Indonesian

Pengantar

Program Studi Pendidikan Matematika memiliki visi Menjadi Program Studi yang handal dan Islami dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia cendikia, mandiri, berdaya saing tinggi,  dalam era  global, cepat  beradaptasi dalam perkembangan IPTEK dan professional dalam pendidikan matematika. Sehingga prodi berusaha keras  untuk dapat meningkatkan kualitas lulusan, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing di pasar kerja. Jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun rata-rata mengalami kenaikan, yang berasal dari hampir seluruh provinsi yang ada di Indonesia.  Lulusan berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S. Pd.).

Visi

Menjadi Program Studi yang handal dan Islami dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia cendikia, mandiri, berdaya saing tinggi, dalam era global, cepat beradaptasi dalam perkembangan IPTEK dan profesional dalam pendidikan matematika.

Misi

  1. Pendidikan akademik dan profesional yang islami di bidang Pendidikan matematika.
  2. Penelitian dan pengembangan pendidikan matematika yang bermanfaat dalam meningkatkan taraf hidup manusia dan pembangunan nasional.
  3. Pengabdian kepada masyarakat melalui penyebarluasan hasil penelitian dan rekayasa di bidang pendidikan matematika.
  4. Kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak lain, baik dalam atau luar negeri untuk memajukan pendidikan matematika.
  5. Penataan organisasi dan manajemen berbasis Teknologi   Informasi dan Komunikasi, serta pembinaan civitas akademika menuju efesiensi dan efektivitas kerja.

Akreditasi

Terakreditasi B (1122/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015)

Kompetensi Lulusan

1.    Pedagogik

  • Memahami dan menguasai metoda dan teknik pembelajaran pendidikan matematika.
  • Memahami prinsip matematika, prosedur inquiri, dan trampil menciptakan pengalaman belajar yang menjadikan aspek-aspek matematika menjadi bermakna bagi setiap peserta didik.
  • Memahami hubungan antara kurikulum dan instruksional, dan rencana pengajaran berdasarkan pengetahuan materi ajar, ketersediaan teknologi dan kurikulum.

2.    Profesional

  • Memahami konsep utama matematika, dan penerapannya di bidang ilmu lainnya dan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Memahami dan menguasai  matematika murni dan terapan.
  • Memahami arti dari refleksi pengalaman serta secara berkesinambungan mengevaluasi efek dari pilihan terhadap metode pengajaran untuk menumbuhkan profesinalismenya.

3.   Sosial

  • Memahami individu, kelompok, dan kebiasaan, serta menciptakan sarana pembelajaran yang memberikan interaksi sosial positif, peningkatan belajar aktif, serta mampu memotivasi diri.
  • Memahami peserta didik belajar dan berkembang, dan menyediakan kesempatan belajar yang mendukung pengembangan intelektual, sosial,dan  personal.
  • Memahami strategi penilaian standar dan alternatif, dan trampil menggunakannya untuk mengevaluasi pengetahuan, ketrampilan, dan disposisi untuk menjamin pengembangan intelektual dan sosial secara berkelanjutan dari peserta didik.

4.      Kepribadian Islami

  • Lulusan memahami  Islam dan Kemuhammadiyahan.
  • Lulusan mampu membaca Al-Qur’an dengan fasih.
  • Lulusan berkepribadian islami, berahlak mulia, dan tercermin dalam perilaku kehidupan sehari-hari, sesuai dengan Pedoman Hidup Islami (PHI) warga Muhammadiyah.

5.    Teknologi

  • Mengenal dan menguasai komputasi, Sofware pembelajaran matematika.
  • Mampu menerapkan pembelajaran matematika dengan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

 

Pengajar

Terdiri 4 (empat) doktor, dan 18 (delapan belas) magister lulusan dari dalam dan luar negeri serta memiliki sejumlah bidang keahlian matematika.

Fasilitas Pendukung

Perkuliahan ditunjang ruang kuliah ber-LCD dan berfasilitas audio visual, perpustakaan, masjid, kantin, ruang parkir, dan area ber-wifi, selain itu juga laboratorium pendidikan matematika dengan fasilitas (pelatihan komputer dasar dan software pembelajaran matematika, pembuatan multimedia pembelajaran, pembuatan alat peraga edukatif, telaah instrumen penelitian, olah data statistika untuk penelitian)

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan diantaranya  :

  1. Tera Riang Gumanti, Juara III Olimpiade Matematika tingkat KOPERTIS Wilayah V DIY Tahun 2007.
  2. Nur Ikawati, Juara Harapan pada Olimpiade MIPA PTS Kopertis V DIY Tahun 2010.
  3. Prasetya, Juara Harapan pada Olimpiade MIPA PTS Kopertis V DIY Tahun 2012.
  4. Muhammad Nur Bintoro, Juara 2 pada Olimpiade Sains Nasional Pertamin Tingkat Provinsi DIY bidang Matematika Tahun 2012.

Web Program Studi Pendidikan Matematika : http://pmat.uad.ac.id