You are here

Program Studi Sastra Inggris

Indonesian

Pengantar

Program Studi Sastra Inggris didirikan tahun 1996 dan mendapatkan ijin operasional pada tahun 1997.  Program ini menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan berbasis nilai-nilai Islam sesuai dengan bidang keilmuan bahasa, sastra, dan kajian Amerika. Lulusan berhak mendapatkan gelar Sarjana Sastra (S.S.).

Visi

Pada tahun 2020 menjadi Prodi Sastra Inggris yang unggul dan berwawasan global di bidang ilmu budaya, bahasa dan sastra yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan dijiwai nilai-nilai Islam sesuai dengan bidang ilmu budaya, bahasa dan sastra
  2. Meningkatkan penelitian sesuai bidang keilmuan yang dapat memberikan kontribusi bagi lingkungan institusi dan masyarakat
  3. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang budaya, bahasa, dan sastra
  4. Mengembangkan kerja sama nasional dan internasional dengan azas manfaat dan berkeadilan
  5. Meningkatkan tata kelola yang baik dan bertanggung jawab yang dijiwai nilai-nilai Islam

Akreditasi

Terakreditasi B (247/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XII/2013)

Prospek Lulusan

Jurnalis/Wartawan, penerjemah, editor, penulis, staf di lembaga milik negara (Depdiknas, Depnakertrans, Depsos, Depag, Deplu, Depkeu, Perusahaan Asing, Bank, DPD, dll), guru/ dosen, marketing, Master of Ceremony (MC)/ presenter/profesi lain di Media Elektronik, wiraswasta, birokrat, dan sebagainya.

Kompetensi

Lulusan menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan memiliki keterampilan berbahasa Inggris dan keilmuan di bidang bahasa, sastra, dan kajian Amerika.  Dapat menghasilkan penelitian di bidang bahasa, sastra dan kajian Amerika yang bermanfaat serta menjadi produktif dan aktif melayani masyarakat.

Pengajar

Memiliki 11 tenaga pengajar, dua diantaranya telah menempuh pendidikan S3. Sementara itu, 2 dosen tengah merampungkan studi S3, 4 dosen telah merampungkan S2, dan 3 dosen tengah dalam proses menyelesaikan program S2.

Fasilitas Pendukung

Ruang kuliah representatif dan nyaman dilengkapi dengan komputer beserta LCD proyektor di setiap ruangan, anjungan komputer online, perpustakaan online, laboratorium komputer, laboratorium multimedia, laboratorium bahasa, Self-Access Center dengan fasilitas perpustakaan dan TV kabel, penerbitan Jurnal Ilmiah mahasiswa (LITERATURA), Sarana Pengembangan Minat dan Bakat (Teater 42, English Club, Gendhing Bahana, REWA®DS [Reading and Writing of Ahmad Dahlan Society], Letters Club, dll.), organisasi kemahasiswaan (IMM, BEM, DPM).

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan antara lain:

  1. Beasiswa belajar selama 1 semester dalam program Dikti Credit Transfer System di Thammasat University, Thailand, pada tahun 2012 atas nama Ira Dwijayani.
  2. Beasiswa belajar selama 1 semester dalam program Dikti Credit Transfer System di Thammasat University, Thailand, pada tahun 2012 Damaya Noor Arifin.
  3. Dana hibah riset tingkat nasional dari program PKMP DIKTI 2012 atas nama Ira Dwijayani, Resneri Daulay, dan Ivan Nugraha Hussein.

Web Program Studi Sastra Inggris : http://sasing.uad.ac.id