You are here

Program Studi Sistem Informasi

Indonesian

Pengantar

Program Studi memiliki visi menjadi program studi pilihan yang terpercaya dan unggul dalam penguasaan dan pengembangan sistem dan teknologi informasi dilandasi moral dan etika Islam dan misi mengimplementasikan pedoman hidup Islami dalam setiap aktivitas akademik maupun non-akademik di lingkungan Program Studi Sistem Informasi, menyelenggarakan program akademik yang berkualitas yang berfokus pada minat mahasiswa untuk menyiapkan tenaga profesional yang handal dan mampu mengakomodasi perkembangan teknologi informasi di masa sekarang dan yang akan dating, menciptakan iklim penelitian yang baik sehingga terselenggara penelitian dosen dan mahasiswa yang berkualitas dan mampu menghasilkan karya berskala nasional, menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung penerapan sistem dan teknologi informasi sehingga memberikan kontribusi bagi kehidupan bermasyarakat yang IT-literate dan melakukan kerjasama yang baik dengan pemerintah atau pihak-pihak lain dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan daya saing.

Visi

Menjadi program studi yang terpercaya serta unggul dalam sistem dan teknologi informasi berwawasan internasional, dan dijiwai nilai-nilai Islam.

Misi

  1. Menyelenggarakan program akademik untuk membentuk tenaga profesional yang handal dalam pengembangan maupun pengelolaan sistem dan teknologi informasi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dosen dan mahasiswa dengan orientasi pada karya ilmiah maupun produk yang memiliki dampak kemanfaatan dengan pengakuan secara nasional dan internasional.
  3. Menyebarkan kepakaran dosen dan mahasiswa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melelui penumbuhan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi dan informasi.
  4. Membangun kerja sama  yang sinergis dengan perguruan tinggi, pemerintah, industri dan dunia usaha baik nasional maupun internasional.
  5. Mengimplementasikan pedoman hidup Islami dalam setiap aktifitas akademik maupun non-akademik di lingkungan program studi.

Tujuan

Tujuan yang hendak dicapai Program Studi Sistem Informasi adalah:Tujuan Program Studi Sistem Informasi adalah :

  1. Membentuk lulusan yang menguasai kemampuan untuk mengembangkan, mengaplikasikan, dan mengelola sistem dan teknologi informasi bagi suatu organisasi.
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai kemampuan entrepreneurship dalam bidang teknologi dan sistem informasi agar dapat memiliki kemandirian dalam berwirausaha.
  3. Menghasilkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal nasional terakreditasi dan/atau jurnal internasional berreputasi.
  4.  Menghasilkan penelitian dosen dan mahasiswa yang berpotensi HAKI.
  5.  Melaksanakan pengabdian yang dapat menjadi solusi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat atau kelompok masyarakat.
  6.  Menyelenggarakan aktivitas kerjasama kelembagaan dalam penelitian, pengabdian, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, dan aktivitas yang berbasis pada profesi bidang sistem informasi.
  7. Melaksanakan Pedoman Hidup Islami (PHI) di lingkungan program studi.

 

Akreditasi

Terakreditasi B (SK BAN PT No : 025/BAN-PT/Ak-XV/S1/VIII/2012)

Kompetensi Lulusan

  1. Kompetensi Utama

Setiap lulusan memiliki kompetensi utama dalam mengembangkan dan menguasai teknologi sistem informasi. Selain memiliki keahlian dalam mengembangkan teknologi informasi, juga memiliki integritas dan profesionalitas yang tinggi dalam bekerja. Pencapaian ini dilakukan semasa kuliah melalui kegiatan perkuliahan maupun praktikum serta praktik lapangan.

  1. Kompetensi Penunjang

Selain kompetensi utama, lulusan juga memiliki kompetensi penunjang yang dihasilkan dari program-program softskills yang diselenggarakan oleh universitas. Program ini dimaksudkan untuk membekali para mahasiswa selama kuliah untuk menjadi para intelektual yang bermoral dan berdedikasi.

  1. Kompetensi Khusus

Lulusan memiliki kompetensi khusus yaitu setiap lulusan memiliki perilaku baik dan tanggung jawab yang tinggiyang berbasi pada nilai keislaman. Kompetensi khusus ini yang membedakan dengan lulusan perguruan tinggi yang lain.

Pengajar

Memiliki dosen tetap berjumlah 6 orang yang merupakan lulusan magister dari perguruan tinggi negeri.

Fasilitas Penunjang

Kegiatan perkuliahan ditunjang dengan berbagai fasilitas diantaranya kelas yang nyaman, dilengkapi dengan LCD proyektor, dan perpustakaan. Selain itu juga dilengkapi dengan berbagai laboratorium. Diantaranya : INTIPRO (Informatika Teori dan Pemrograman), SINBAD (Sistem Informasi dan Basis Data), NETMEDIA (Internet dan Multimedia).

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan diantaranya  :

  1. Juara I Lomba Baca Puisi Bahasa Arab Mahasiswa, Festival Timur Tengah 2013 di FIPB Universitas Indonesia, a/n Arbrian Abdul Jamal.
  2. Juara I Tausiyah RRI (Radio Republik Indonesia), mewakili RRI DIY di RRI Ternate, a/n Arbrian Abdul Jamal.
  3. Juara I Capture The Flag Competition (CTF), Free Open Source Software Interest League (FOSSIL) di AMIKOM Yogyakarta,  a/n Eddy Irawan Aristianto.

Web Program Studi Sistem Informasi : http://is.uad.ac.id