You are here

Program Studi Tafsir Hadits

Indonesian

Pengantar

Program Studi Tafsir Hadits menjadi tempat pendidikan yang unggul dalam mengembangkan studi Al-Quran dan hadits dengan berbasis pada nilai-nilai keislaman serta kemuhammadiyahan. Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran program studi ini berorientasi pada pengembangan studi al-Quran dan penelitian hadis yang bermanfaat bagi persyarikatan Muhammadiyah, dunia akademik dan masyarakat secara umum.  Lulusan berhak menyandang gelar S.Th.I (Sarjana Teologi Islam).

Visi

Menjadi program studi yang diakui secara Internasional dalam pengembangan Studi Hadis berbasis nilai-nilai Keislaman dan Kemuhammadiyahan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada pengembangan Studi Hadis.
  2. Mengembangkan tradisi kritis-analitis dalam penelitian ilmu-ilmu Hadis yang bermanfaat bagi persyarikatan Muhammadiyah, dunia akademik dan masyarakat secara umum.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan dan pengabdian pada masyarakat yang berkaitan dengan implementasi nilai-nilai dalam Hadis.
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga yang berorientasi pada pengembangan Studi Hadis di tingkat Lokal, Nasional, dan Internasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berorientasi pada pengembangan Studi Hadis.
  2. Menghasilkan penelitian ilmu-ilmu hadis yang bermanfaat bagi persyarikatan Muhammadiyah, dunia akademik dan masyarakat secara umum.
  3. Menghasilkan pelayanan dan pengabdian pada masyarakat yang berkaitan dengan implementasi nilai-nilai dalam Hadis.
  4. Menghasilkan kerjasama dengan lembaga-lembaga yang berorientasi pada pengembangan studi Hadis di tingkat Lokal, Nasional, dan Internasional.

Akreditasi

Terakreditasi A (1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015)

Prospek Lulusan

Kementerian Agama, Kementerian Sosial, BKKBN, dosen, guru agama, peneliti, penulis, juru dakwah, konsultan lembaga-lembaga syari’ah.

Kompetensi

Lulusan memiliki kompetensi di bidang tafsir al-Quran dan kajian hadis, mampu menerapkan hasil penafsiran tersebut dalam dunia kerja dan masyarakat, serta memiliki kemauan untuk terus mengembangkan upaya pemahaman al-Quran dan hadis melalui penelitian mendalam.

Pengajar

Pengajar  terdiri dari dosen tetap yayasan, dosen PNS, dan dosen luar biasa. Kategori dosen luar biasa terdiri dari tamu dan praktisi seperti juru dakwah, konsultan, peneliti, penulis, pengasuh pondok pesantren dan lain-lain. Terdapat 6 orang dosen tetap dengan rincian 1 orang guru besar dan 5 orang tengah menempuh studi S3.

Fasilitas Pendukung

Proses belajar dan mengajar didukung oleh sejumlah fasilitas, antara lain: ruang kelas berpendingin udara, laboratorium komputer, hotspot area, dan asrama mahasiswa. Kelancaran studi juga didukung dengan adanya fasilitas layanan akademik berbasis multimedia digital dan terdapat kelompok studi (kajian tafsir, kajian hadis, latihan ceramah). Juga terdapat sejumlah beasiswa dan keringanan biaya (Kemenag RI, Supersemar, UAD, Lazis, Bantuan Belajar Mahasiswa, Peningkatan Prestasi Akademik) serta program gelar ganda.

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan, diantaranya  :

  1. Juara 1 Tingkat Nasional Lomba Pidato Bahasa Arab tingkat Mahasiwa se-Indonesia di Pentas Budaya Arab tahun 2013 Universitas Hasanuddin Makassar atas nama Qaem Aulassyahied.
  2. Perempatfinalis Cerdas Cermat Nasional pada Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa XIII tingkat Nasional di Universitas Andalas Padang atas nama Qaem Aulassyahied.
  3. Perempat finalis Pidato Bahasa Arab Nasional tingkat Mahasiswa di Festival Timur Tengah Universitas Indonesia tahun 2013 atas nama Qoem Aulassyahied

Web Program Studi Tafsir Hadits : http://ftdi.uad.ac.id