You are here

Program Studi Teknik Elektro

Indonesian

Pengantar

Program Studi Teknik Elektro berdiri tahun 1999. Visinya adalah menjadi program studi yang unggul dalam pengetahuan dan aplikasi di bidang Teknik Elektro khususnya otomasi industri, telekomunikasi, komputer dan informatika berbasis nilai-nilai keislaman.  Lulusan mendapat gelar Sarjana Teknik (S.T.).

Visi

Visi PSTE UAD adalah menjadi program studi yang unggul dan dikenal internasional dalam pengetahuan dan aplikasi di bidang teknik elektro khususnya otomasi industri dan telematika berbasis nilai-nilai keislaman.

Misi

  1. Menyelenggarakan program akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam bidang teknik elektro khususnya otomasi industri, telekomunikasi, komputer dan informatika yang berkualitas yang terbakukan secara nasional dan internasional.
  2. Menyelenggarakan kerjasama dengan akademik, dunia industri dan pemerintahan baik lokal, nasional maupun internasional.
  3. Mengimplementasikan pedoman hidup islami dalam setiap aktivitas akademik maupun non akademik di lingkungan Program Studi Teknik Elektro.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan berakhlak mulia dan profesional dalam bidang teknik elektro khususnya otomasi industri, telekomunikasi, komputer dan informatika, serta inovatif sehingga dapat berwirausaha mandiri maupun bersaing di pasar dunia kerja nasional dan internasional.
  2. Mengembangkan, memanfaatkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang teknik elektro khususnya otomasi industri, telekomunikasi, komputer dan informatika agar selalu relevan dengan perkembangan pembangunan Indonesia dan kebutuhan masyarakat.
  3. Mengembangkan jejaring dalam masyarakat dan dunia global untuk perbaikan kualitas tridharma pendidikan tinggidalam rangka memajukan Islam dan dunia pada umumnya.

Akreditasi

Terakreditasi B (SK BAN PT No: 0644/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016)

Prospek Lulusan

Microcontroller Programmer, PLC Programmer, FPGA Programmer, Control Engineer, Marketing engineer, Trader, Guru, Dosen, Information System Analyst, Information System Developer, Designer, Web developer, Computer Network Administrator, Computer Network Builder, Computer Network Application Developer, dan Telecommunication Engineer

Kompetensi

Kompetensi lulusan disesuaikan dengan dua konsentrasi studi :

a. Otomasi Industri

Penguasaan prinsip pengendalian suatu sistem dinamis agar mengikuti suatu perintah sesuai dengan tujuan sistem. Keberhasilan pengendalian antara lain dicapai lewat pemrograman agar sasaran pengendalian tercapai optimal, efektif dan efisien dengan mempertimbangkan pula unsur stabilitas sistem terhadap gangguan eksternal selama proses.

b. Telematika

Penguasaan aktif akan prinsip yang terdapat dalam aneka ragam sarana komunikasi modern sehingga mampu mengabdikan diri dalam bidang telekomunikasi.  Diharapkan lulusan mampu mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan dengan eksplorasi lapangan secara langsung.

Pengajar

Memiliki 11 dosen tetap dengan kualifikasi akademik S2 dan S3.  Dosen terdiri dari 3 doktor dan 8 yang lain tengah menempuh pendidikan S3 di dalam dan luar negeri. Beberapa mata kuliah diasuh oleh dosen-dosen tamu yang dari UGM, UNY, maupun praktisi industri.

Fasilitas Pendukung

Perkuliahan ditunjang oleh sejumlah fasilitas seperti ruang kuliah  dengan LCD dan fasilitas audio visual, perpustakaan, masjid, kantin, ruang parkir, area ber-WiFi. Selain itu, terdapat 3 laboratorium dengan peralatan yang lengkap seperti Logic trainer, FM Trainer receiver, 5 axis of motion robot arm, modul instalasi rumah tinggal, modul PLC Omron.  Aktivitas pengembangan diri mahasiswa juga didukung dengan adanya Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro dengan kegiatan seperti Robotic Development Community (RDC), Microcontroller Study Club (MCSC), Computer Network  Study Club (CNSC), Cinematography Study Club (CSC), dan Audio Video Community (AVIC).

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan, yaitu  :

  1. Juara 1 Lomba Inovasi Teknologi Mahasiswa (LITM) Bidang Energi Terbarukan tahun 2012 atas nama Firmana Setia Budi dan tim.
  2. Juara 2 Tingkat Nasional Kontes Robot tahun 2012 atas nama Prima A., Jehian Kamal, dan Heri S.
  3. Robot Terfavorit Tingkat Nasional tahun  2012 atas nama Prima A., Jehian Kamal, dan Heri Santoso

Web Program Studi Teknik Elektro : http://ee.uad.ac.id