You are here

Program Studi Teknik Industri

Indonesian

Pengantar

Perkembangan ekonomi dan globalisasi berpengaruh terhadap perkembangan industri, baik pengembangan, perbaikan, implementasi, maupun evaluasinya. Program studi Teknik Industri hadir memberikan kontribusi dengan menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bidang-bidang yang menyangkut pengembangan, perbaikan, implementasi, maupun evaluasi industri.  Program studi Teknik Industri berdiri pada 19 Desember 1994.  Lulusan bergelar Sarjana Teknik (S.T.).

 

Visi

Menjadi Program Studi Teknik Industri berbasis keislaman yang dikenal di tingkat ASEAN.

Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan yang menghasilkan sarjana Teknik Industri berbasis ke-islaman dan berjiwa technopreneur.
  2. Menyelenggarakan program penelitian bidang teknik industri yang melibatkan peneliti tingkat ASEAN.
  3. Turut membantu pembangunan industri Indonesia dengan melakukan pengabdian masyarakat.
  4. Menyelenggarakan program-program kerja sama di wilayah ASEAN.
  5. Mengembangkan sumber daya yang baik dan bermutu secara berkelanjutan.

Akreditasi

Terakreditasi B (SK BAN PT Nomor : 197/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013)

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Utama

1. Kognitif (Knowledge)

Memiliki pengetahuan dan kemampuan dibidang sistem integral  sehingga mampu memberikan kontribusi optimal dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan bisnis dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

2. Psikomotorik (Skills)

  • Lulusan mampu mengidentifikasikan, memformulasikan, dan memecahkan masalah-masalah perancangan maupun perbaikan sistem integral, mampu mengimplementasikan hasil-hasil pemecahan masalah.
  • Mampu beradaptasi dengan teknik dan alat analisis baru yang diperlukan dalam menjalankan praktek profesi ke-teknik-industrian.
  • Mampu berkomunikasi dan bekerja-sama secara efektif.

3. Afektif (Attitude)

  • Memiliki kepribadian sebagai seorang profesional dibidang teknik industri serta memahami dan menyadari tanggung jawab profesi, etika, nilai-nilai keislaman, dan berwawasan global.
  • Memiliki integritas sebagai ilmuwan yang berkualitas, berjiwa entrepreneur, mandiri dan inovatif.

Kompetensi Penunjang

  • Memiliki keterampilan berkomunikasi secara lisan dan tulisan menggunakan bahasa nasional dan atau internasional dengan baik dan benar.
  • Memiliki keterampilan dalam mengumpulkan dan menganalisis informasi dalam pemecahan masalah.
  • Memiliki kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan dibidang industri.

Kompetensi Khusus

Lulusan memiliki kemampuan dalam sistem integral dan mampu  memecahkan masalah.

Pengajar

Dosen dikelompokkan dalam empat kelompok kompetensi sesuai bidang minat masing-masing. Kompetensi tersebut adalah bidang ilmu Optimasi dan Simulasi, bidang ilmu Manajemen dan Pengambilan Keputusan, Bidang ilmu Sistem Produksi, Bidang ilmu APK dan Ergonomi.

Fasilitas Penunjang

Laboratorium Teknik Industri berada di dua lokasi yaitu:

  • Workshop sistem produksi di gedung unit D kampus 3 UAD
  • Lab APK & Ergonomi, Lab Komputer, Optimasi, Statistik, Simulasi, Desain Produk, berada di gedung lab terpadu.

Salah satu keunggulan laboratorium adalah pada Product Design, dimana dengan dukungan software Solidworks sebagai medianya telah banyak dihasilkan rancangan alat melalui karya mahasiswa baik dalam bentuk tugas akhir maupun kompetisi desain produk. Pelatihan product design juga telah dilaksanakan dengan peserta baik dari dalam maupun luar UAD.  Program studi memiliki satu orang dosen dan 3 asisten yang telah bersertifikat internasional dan berhak menjadi trainer Solidworks.

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan yaitu  :

  1. Meraih Juara III Product Design and Development Competition 2008 antar perguruan tinggi se-Indonesia, Diselenggarakan Yamaha Motor Indonesia bekerjasama dengan Jurusan Teknik Mesin dan Industri UGM, a.n.: Budi Kurniawan, dkk, dengan Judul: Sepeda Motor Pemadam Kebakaran, dan mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 6.000.000.
  2. Pemenang Festival Blog Indonesia, a.n.: Sugeng Handoko, dengan Judul: Dengan Blog Potensi Desaku Kutunjukan Kepada Dunia. Alamat blog: www.kalisongku.wordpress.com.
  3. Juara Harapan I Desain Produk Tingkat Universitas se-DIY 2011 di Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).
  4. Product Design Contest 2012 “Automotive Safety Improvement”, Diselenggarakan oleh Universitas Surabaya, 4 Maret 2012.
  5. Lomba perancangan tas tingkat nasional yang diselenggarakan oleh PT. EIGER dan Universitas Maranata Bandung, 1-3 Oktober 2012.
  6. Lolos dalam Uji kompetensi internasional software Solidworks. 

Web Program Studi Teknik Industri : http://ie.uad.ac.id