You are here

Program Studi Teknik Informatika

Indonesian

Pengantar

Program Studi Teknik Informatika berdiri 19 Desember 1994 bertujuan menghasilkan Sarjana Teknik Informatika yang mampu menyelesaikan permasalahan dengan teknologi informasi dan komunikasi.  Mahasiswa Teknik Informatika juga dibekali pemahaman tanggung jawab profesional dan etika agar jeli terhadap tantangan dunia nyata.  Lulusan berhak menyandang gelar Sarjana Teknik (S.T.).

Visi

Menjadi program studi yang unggul dan dikenal internasional dalam pengetahuan dan aplikasi di bidang teknik elektro khususnya otomasi industri dan telematika berbasis nilai-nilai keislaman.

Misi

  1. menyelenggarakan program akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam bidang teknik elektro khususnya otomasi industri, telekomunikasi, komputer dan informatika yang berkualitas yang terbakukan secara nasional dan internasional.
  2. menyelenggarakan kerjasama dengan akademik, dunia industri dan pemerintahan baik lokal, nasional maupun internasional.
  3. mengimplementasikan pedoman hidup islami dalam setiap aktivitas akademik maupun non akademik di lingkungan Program Studi Teknik Elektro.

Tujuan

  1. menghasilkan lulusan berakhlak mulia dan profesional dalam bidang teknik elektro khususnya otomasi industri, telekomunikasi, komputer dan informatika, serta inovatif sehingga dapat berwirausaha mandiri maupun bersaing di pasar dunia kerja nasional dan internasional.
  2. mengembangkan, memanfaatkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang teknik elektro khususnya otomasi industri, telekomunikasi, komputer dan informatika agar selalu relevan dengan perkembangan pembangunan Indonesia dan kebutuhan masyarakat.
  3. mengembangkan jejaring dalam masyarakat dan dunia global untuk perbaikan kualitas tridharma pendidikan tinggi dalam rangka memajukan Islam dan dunia pada umumnya.

Akreditasi

Terakreditasi B (003/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2014)

Prospek Lulusan

Dosen, teknisi IT, network engineer, web developer, konsultan IT, quality assurance staff, ahliteknik, dan lainnya.

Kompetensi

Terdiri atas 3 bidang minat.  Lulusan memiliki kemampuan terkait :

  1. Aplikasi Mobile dan Pemrograman Web; terkait dengan pengetahuan dan kemampuan menggabungkan sejumlah modul-modul program berbasis mobile dan web dalam rangka membuat sebuah aplikasi dengan fitur-fitur yang diinginkandengan pengetahuan berfikir secara logis dan terstruktur dalam rangka memecahkan permasalahan tertentu atau mencapai obyek tertentu.
  2. Sistem Informasi; terkait dengan pengetahuan membangun sebuah sistem informasi yang terdiri dari komponen-komponen yang terkait satu dengan yang lainnya dalam sebuah lingkungan yang holistik.
  3. Multimedia dan Soft Computing; terkait dengan pemahaman dalam merancang dan membangun sistem cerdas untuk berbagai kebutuhan aktivitas kehidupan manusia yang memberikan nilai tambah serta dukungan multimedia.

Pengajar

Dosen berjumlah 26 orang. Satu dosen telah bergelar doktor, 19 orang berpendidikan S2, dan 6 orang tengah menempuh studi S2. Pada program studi ini, setiap dosen memiliki kompetensi sesuai minat keilmuannya seperti bidang web dan mobile programming, sistem cerdas, enterprise system, multimedia, jaringan komputer, keamanan komputer, dan analisis sistem informasi.

Fasilitas Pendukung

Saat ini memiliki 4 Laboratorium Komputer, yaitu; Laboratorium Komputasi Dasar (sebagai wadah untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran dan riset untuk ilmu-ilmu Dasar Informatika), Laboratorium Jaringan Komputer (sebagai wadah untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran dan riset untuk ilmu-ilmu Jaringan dan Keamanan Komputer ), Laboratorium Basis Data (sebagai wadah untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran dan riset untuk bidang minat Sistem Informasi), dan Laboratorium Multimedia (sebagai wadah untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran dan riset untuk bidang minat Multimedia dan Sistem Cerdas).

Prestasi Mahasiswa

  1. Lomba Application Mobile (tingkat nasional) tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta oleh Merlinda dan tim.
  2. Lomba Drill Test ID-SIRTII 2012 (tingkat nasional). Diselenggarakan oleh Indonesia Security Incident Respons Team On Internet and Infrastructure/ Coordination Center (ID-SIRTII/CC) oleh Erwin A. Latief dan tim.
  3. Hibah penelitian dalam Program Kreativitas Mahasiswa  Pengabdian pada Masyarakat (PKMM) “Alat Penghitung Jumlah Telur Ikan Gurame Menggunakan Metode Pengenalan Citra”.  Diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI Tahun 2012. Penelitian oleh Dinan Yulianto dan tim.

Web Program Studi Teknik Informatika : http://tif.uad.ac.id