You are here

Program Studi Teknik Kimia

Indonesian

Pengantar

Program Studi Teknik Kimia didirikan pada tahun 1997 dan menjadi program studi yang menghasilkan lulusan dengan kemampuan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan untuk menyejahterakan masyarakat. Kualitas pengajar yang profesional bertekad menjadikan program studi memenuhi kebutuhan masa kini yaitu lulusan teknik kimia dengan pengetahuan yang komplit tentang lingkungan.  Lulusan berhak menyandang gelar S. T (Sarjana Teknik).

Visi

Menjadi Program Studi unggulan dalam bidang Teknik Kimia yang berwawasan lingkungan, dikenal Internasional, berbasis keislaman dan berjiwa technopreneur

Misi

  1. Menciptakan suasana islami di lingkungan Program Studi Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran dalam bidang Teknik Kimia yang mengarah pada technopreneurship yang berkualitas secara nasional dan internasional.
  3. Mengembangkan penelitian teknologi aplikatif yang berwawasan lingkungan dengan memanfaatkan sumber daya alam.
  4. Melaksanakan pengabdian masyarakat khususnya dalam bidang teknologi aplikatif.
  5. Mengembangkan kerja sama dengan institusi dan industri yang terkait untuk memajukan penyelenggaraan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, profesional di bidang Teknik Kimia khususnya pemanfaatan SDA yang berwawasan lingkungan serta inovatif mampu bersaing dan berwirausaha mandiri di Pasar kerja nasional maupun internasional.
  2. Mengembangkan dan manfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Kimia dalam pengolahan SDA yang berwawasan lingkungan agar relevan dengan perkembangan pembangunan Indonesia dan kebutuhan masyarakat.
  3. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang Teknik Kimia dalam rangka memajukan kesejahteraan masyarakat dan menjalin kerja sama dengan institusi terkait khususnya industri kecil dan menengah.

Akreditasi

Terakreditasi B (462/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014)

Prospek Lulusan

Peneliti, dosen, pengusaha, engineering company (merancang dan membangun pabrik), Industri Agrobisnis, Unit Pengolahan Limbah, analis perbankan, dan peluang kerja lainnya.

Kompetensi

Lulusan memiliki kemampuan penguasaan dasar-dasar teori teknik kimia dan melakukan hipotesa, analisis, serta menggunakan metodologi dalam penelitian  sebagai dasar pengembangan industri.  Mampu menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif dalam menangkap peluang berwirausaha, serta memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat untuk bekerja di industri proses kimia atau institusi di sektor  terkait.

Pengajar

Memiliki 10 tenaga pengajar dengan tingkat pendidikan minimal S2 lulusan dalam dan luar negeri. Tujuh dosen diantaranya telah menempuh pendidikan S3 di Malaysia dan Jerman.

Fasilitas Pendukung

Fasilitas utama program studi ini antara lain, kantor administrasi, ruang kelas, laboratorium, perpustakaan. Selain itu, terdapat fasilitas umum universitas seperti ruang Seminar, ruang himpunan mahasiswa, tempat olahraga, poliklinik, masjid, ruang konseling, kantin, lab bahasa, dan lainnya.

Prestasi Mahasiswa

Beberapa prestasi unggulan, diantaranya :

  1. Lolos Dalam Lomba PKM Tingkat Nasional yang diselenggarakan Dikti Tahun 2012 dengan judul “Pemanfaatan Biji Kefir (Japanese Crystal Algae) sebagai  Penurun  Obesitas”. Tim peneliti terdiri dari Bagus Wisnu H., Intan Dwi I., Elza Novita P., dan Tika Jayanti.
  2. Juara 2 Lomba Entrepreneurship Mahasiswa Tingkat Fakultas Tahun 2013, “Selai Salak Pondoh dalam Cupcake Emoticons” oleh Aditya Rahma H., Sitti Halipa, Pramudia Bagus D., Bagus Wisnu H.
  3. Juara 3 Lomba Entrepreneurship Mahasiswa Tingkat Fakultas Tahun 2013, “ Pembuatan  Produk Sabun Padat dengan Modifikasi Bentuk Suvenir (Unique Soap)” oleh Denok Rahayu H. , Nurkholis, Baiiq As’urin, Zakiah Awalia J.S.D.
  4. Lomba Inovasi Teknologi Mahasiswa Bidang Obat Tradisional. Penelitian mahasiswa Teknik Kimia yang berhasil didanai oleh DIKPORA DIY yaitu “ BETTIEMINT Kombinasi Daun Sirih dengan Mint untuk Parfum Mulut”. Penelitian oleh Aziz Madyan Asyhar, Wikan Tunjung Handaru, Dony Agus Prasetyo, dan Ahmad Mustawinnahdhi.

Web Program Studi Teknik Kimia : http://che.uad.ac.id