You are here

Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna

Deskripsi

Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna didirikan pada akhir tahun 2013. Pusat studi ini merupakan wadah untuk penelitian yang berbasis teknologi tepat guna.  Penelitian difokuskan pada penelitian yang aplikatif, yang bisa diterapkan di masyarakat dan industri kecil.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi pusat pengembangan, penerapan dan penyebarluasan teknologi tepat guna yang dikenal luas dan menjadi rujukan  industri kecil dan masyarakat.

Misi

  1. Mengembangkan dan mengaplikasikan teknologi tepat guna yang dapat memberi solusi permasalahan teknologi bagi masyarakat pada umumnya dan industri kecil.
  2. Menyebarluaskan teknologi tepat guna bagi masyarakat.
  3. Meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengaplikasikan teknologi tepat guna yang dapat memberi manfaat bagi kesejahteraan sosial dan ekonomi.
  4. Mendukung pertumbuhan  dan pengembangan industri kecil dengan pemanfaatan teknologi tepat guna.

Program Kerja

1. Bidang Kegiatan Penelitian, Pelatihan dan Konsultasi

2. Fokus kegiatan

  • Rekayasa proses dan produk terutama untuk bahan lokal (Proses produksi minyak kelapa dengan proses kering, perancangan sistem distilasi asap cair dan pembuatan arang, pembuatan sabun mandi, sabun cuci, pembuatan lilin, teknologi pengolahan air, penyulingan minyak atsiri (nilam, cengkeh)
  • Pengembangan energi terbarukan (biogas dan briket biomassa)

Capaian

  1. Penelitian Kompetitif UAD tentang proses pembuatan minyak kelapa berbasis proses kering dan pemanfaatan tepung kelapa (Endah S, M.T. & Imam Santosa, M.T.)
  2. Kerja sama dengan CV Perkakas, Kalasan, Sleman untuk scale up unit produksi minyak kelapa berbasis proses kering.
  3. Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi DIKTI, Pirolisis sampah plastik untuk menghasilkan bahan bakar cair (Maryudi, Ph.D.)
  4. Pendampingan pembuatan unit biogas di Ngawi, Jawa Timur.
Indonesian