You are here

Teater Roeang 28

Indonesian

Pengantar

Teater Roeang 28 adalah salah satu unit kegiatan/ komunitas mahasiswa Fakultas Psikologi di bidang seni teater. Roeang 28 dideklarasikan pada tanggal 28 Oktober 2000.  Komunitas ini diharapkan mampu menjadi wadah/ ruang untuk mengembangkan bakat berkesenian, berekspresi dan mengolah potensi diri yang dimiliki oleh mahasiswa baik di tingkatan Fakultas Psikologi maupun di universitas.  Harapannya, muncul seniman-seniman baru yang lahir dari UAD. Selain itu, mahasiswa mampu mengaplikasikan apa yang diperolehnya di ruang belajar komunitas ini ke dalam kehidupannya sehari-hari.

Kegiatan

Roeang 28 mempunyai beberapa divisi, yaitu Divisi Tari, Drama, Musik, Sastra dan Divisi Pantomime.  Tiap divisi melaksanakan produksi pada tiap tahunnya dan mementaskan hasil karya yang diperoleh pada proses latihan berteater pada masing-masing divisi. 

Prestasi

  1. 2007, pantomime "dolanan"
  2. 2008, kolaborasi pantomime jatilan "akulturasi budaya"
  3. 2009, pantomime
  4. 2010, tari kontemporer "mulat laku jantraning ing bumI" dan memenuhi undangan sebagai pengisi acara dengan durasi satu pentas 1 jam, diantaranya Seminar Nasional 1000 bencana di auditorium kampus II UAD tahun 2007, Peringatan hari Kartini di Auditorium Kantor Walikota, teaterikal hari bumi d bundaran UGM, pantomime & puisi "amal gempa padang SPY", puisi "dengan seni kita memberi anak kebutuhan khusus" UNY, pantomime "anak korban merapi", puisi penggalangan dana korban merapi, ASI-ASE XIII "Sarita & Atman", dan di beberapa acara lainnya.

Selain itu beberapa orang dari anggota terlibat dalam produksi atau event berskala lokal ataupun nasional di antaranya: Performace art dalam rangka pembukaan Pasar Seni FKY bersama Jemek Supardi dan GAPI di benteng Vrederburg, Produksi teater KST "Presiden Coro" FKY di Purna Budaya Yogyakata, "Mime On The Roaad 3 hari" FKY di Monument SO 1 maret, alun-alun kidul, Tugu Yogya, Halaman Stasiun Tugu TV Yogyakarta, finalis audisi DAI TPI di jakarta, Tugas Akhir Mahasiswa pasca Sarjana ISI Yogyakarta, Produksi Teater Sanggar Terkam 28 "Biang Kentut" di Surabaya dan Yogyakarta, ASI-ASE XIII Sanggar 28 TerKam kolaborasi tari perang papua, dan lain-lain.

 

Kontak

Twitter : @TeaterRoeang28
facebook : Teater Roeang Dua Delapan
Blog : www.roeangkreatif.blogspot.com