You are here

Fasilitas

Pendahuluan

Untuk menjaga kualitas pendidikan, UAD menyediakan fasilitas pendidikan yang mudah diakses oleh seluruh civitas akademika. Peningkatan kuantitas dan kualitas terus dilakukan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Standar fasilitas disesuaikan dengan Standar Nasional Pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimal ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, ruang kerja, tempat bermain, tempat berkreasi serta sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Pusat Sumber Belajar (Perpustakaan)

Pusat Sumber Belajar (PSB) memiliki 24.397 judul buku dengan banyak buku sejumlah 67.453 eksemplar, dan jumlah itu akan terus bertambah disesuaikan dengan kebutuhan dan minat baca buku mahasiswa.  Selain menyediakan referensi dalam bentuk buku, PSB turut menyediakan koleksi majalah, surat kabar, skripsi, dan laporan penelitian serta pengabdian masyarakat lainnya.

Fasilitas KO Kurikuler

Terdapat berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta organisasi intra dan ekstrakurikuler. Mahasiswa dapat mengembangkan minat, bakat, serta kemampuannya baik dalam bidang wirausaha atau bisnis, bidang ilmiah akademik, olah raga dan seni, maupun dalam kemampuan berdakwah.  Setiap Unit Kegiatan Mahasiswa disediakan kantor di kompleks Student Center di Jl. Kapas, Semaki, Yogyakarta.  Organisasi kemahasiswaan Keluarga Besar Mahasiswa UAD (KBM UAD) terdiri atas:

  1. Lembaga Kegiatan Mahasiswa (LKM): meliputi Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMPS)
  2. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
  3. Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah
  4. Kelompok Kegiatan Mahasiswa lainnya yang menunjang kegiatan pendidikan.

Fasilitas Kesehatan

UAD memberikan layanan kesehatan, asuransi, dana sehat, dan apotek.  Layanan ini dapat diperoleh mahasiswa saat mereka membutuhkan.

  1. Fasilitas pemeriksaan dokter secara gratis (menunjukkan kartu mahasiswa UAD yang masih aktif), disediakan di Kampus I, II, dan III. Poliklinik dapat melayani kesehatan setiap hari dan jam kerja.
  2. Fasilitas Dana Sehat Muhammadiyah (DSM) yang digunakan untuk memperoleh layanan kesehatan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Jl. K.H.A. Dahlan Yogyakarta. Mahasiswa yang akan menggunakan layanan ini, harus menghubungi Biro Finansial dan Aset (BiFAS) terlebih dahulu untuk diberikan surat pengantar berobat.
  3. Fasilitas santunan Dana Sehat. Pelaksanaan Santunan Dana Sehat UAD bagi Mahasiswa UAD diatur dalam Surat Edaran WR 3 No. RIII/006/SE/III/2010.
  4. Fasilitas Asuransi Mahasiswa yang bekerja sama dengan Asuransi Jasa Raharja dan dikelola oleh Bendaharawan UAD.
  5. Fasilitas Apotek UAD, yang menyediakan obat bermutu guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan memberikan informasi tentang kesehatan. Apotik UAD juga berfungsi sebagai tempat pengabdian profesi apoteker; tempat dan media pembelajaran calon apoteker Fakultas Farmasi UAD; dan sebagai tempat kesempatan/peluang kerja bagi masyarakat.

Masjid dan Pembinaan Spiritual

UAD memiliki masjid di tiap kampus dan Islamic Centre di Kampus IV.  Sebagai perguruan tinggi lembaga perguruan tinggi muhammadiyah UAD memiliki komitmen moral untuk membina ruh keislaman pada selirih civitas akademika. Kegiatan-kegiatan pembinaan mental keruhanian yang dilakukan antara lain sebagai berikut:

  1. Seruan dan himbauan untuk menunaikan ibadah wajib dan sunnah
  2. Pengajian rutin civitas akademika setiap bulan sekali oleh LPSI (Lembaga Pengembangan Studi Islam)
  3. Kajian Islam Rabu pagi (khusus mahasiswi di Kampus I)
  4. Kajian Islam Sabtu pagi (khusus mahasiswa di kampus I)
  5. Kajian Islam Ahad pagi (dikoordinir takmir Masjid Kampus IV)
  6. Taman Pendidikan Al Quran (TPA)
  7. Pengiriman mubaligh hijrah dikoordinir oleh LPSI bekerjasama dengan Piminan Wilayah Muhammadiyah  DIY
  8. Pengajian Sabtu pagi untuk karyawan di Kampus 1
  9. Ramadhan di Kampus (RDK)

Fasilitas Internet dan Anjungan Komputer

Mahasiswa dapat melakukan akses internet di semua area kampus. Bagi mahasiswa yang tidak membawa perangkat akses mandiri (notebook), disediakan anjungan komputer di titik-titik strategis.

Pesantren Ahmad Dahlan (PERSADA) / Asrama Mahasiswa

PERSADA disediakan bagi mahasiswa UAD, dibangun dengan bantuan Kementerian Perumahan Rakyat Republik Indonesia melalui skema Rusunawa terletak di Kelurahan Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. PERSADA dibangun di atas lahan seluas 2,1 hektar, terdiri atas satu twin block bangunan dengan luas lantai total 2.568 m2. Pembangunan asrama mahasiswa ini terdiri atas empat lantai dengan total tempat hunian 96 unit termasuk satu unit untuk mahasiswa difabel. Setiap unit tempat hunian berukuran 21 m2 dan dapat menampung 3 ‐ 4 mahasiswa.

Fasilitas Beasiswa

UAD menyediakan dua jenis beasiswa, yaitu beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi secara akademik dan mahasiswa yang berprestasi secara organisasi. Beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi secara akademik dapat diakses dalam bentuk Beasiswa Prestasi Akademik Mahasiswa Baru (BPA MABA), Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA), dan Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP PPA).

Untuk Mahasiswa yang berprestasi secara organisasi dapat mengakses beasiswa tersebut dari bank-bank yang yang menjadi mitra UAD (Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri Syariah, Bank Pembangunan Daerah Syariah). Mahasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan bagi mahasiswa yang kerap mengikuti event kegiatan bakat minat dan penalaran ilmiah.

 

Indonesian