You are here

Sambutan Rektor

Dengan bangga saya mewakili seluruh civitas akademika untuk mengenalkan secara singkat kepada pembaca sekalian tentang Universitas Ahmad Dahlan, Perguruan Tinggi Muhammadiyah Yogyakarta. Sejak pertama kali mulai beroperasi sebagai Kursus B1 Pendidikan Muhammadiyah pada tahun 1956 yang lantas berganti menjadi FKIP Muhammadiyah (1960) dan IKIP Muhammadiyah pada tahun 1972 yang kemudian secara resmi berganti nama menjadi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada tahun 1994, kami terus berbenah untuk menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia hingga tingkat internasional.

Dalam rangka memenuhi tujuan tersebut, UAD senantiasa meningkatkan berbagai pelayanan agar menjadi tempat belajar yang nyaman bagi para mahasiswa, berbagai kerjasama pun terus ditingkatkan, mulai dari kerjasama dengan sesama lembaga pendidikan, lembaga riset, pemerintah, lembaga non-pemerintah dan industri, baik nasiomal maupun internasional.  Harapannya dengan berbagai kerjasama tersebut, para mahasiswa mendapatkan hasil pembelajaran maksimal sebagaimana tujuan pendidikan dalam Muhammadiyah, “Membentuk manusia muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, cakap percaya diri, memajukan dan memperkembangkan ilmu pengetahuan dan ketereampilan dan beramal menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhai oleh Allah SWT”.

Untuk menuju universitas kelas dunia (world class university) UAD terus melakukan perbaikan yang lebih baik di berbagai sisi dan terus meningkatkan berbagai kerjasama internasional.  Hasilnya alhamdulillah banyak perguruan tinggi ternama dari negara-negara sahabat yang antusias menjalin kerjasama dengan UAD, hingga akhir tahun 2015 negara-negara yang telah menjalin kerjasama dengan UAD yaitu Belanda, Jerman, Hongaria, Turki, Jordania, Palestina, Mesir, Jepang Korea, China, Filipina, Thailand, Malaysia, Australia, New Zealand dan kampus-kampus ternama di Amerika Serikat seperti University of Minnesota, Northern Illionis University, The Ohio State University dan The University of Texas at San Antonio.

Disamping itu jumlah mahasiswa asing yang menuntut ilmu di UAD juga semakin banyak. Hal ini membuat suasana pembelajaran di UAD semakin menarik. Hingga akhir tahun 2015 tercatat UAD memiliki ratusan mahasiswa asing dari negara-negara sahabat seperti Belanda, Inggris, Belgia, Hongaria, Spanyol, Uzbekistan, Mesir, India, Jepang, Korea, China, Filipina, Thailand, Malaysia, dan Timor Leste.

Perguruan Tinggi kami juga memiliki banyak kajian keilmuan dalam berbagai Fakultas dan Program Studi yang ada, belum lagi dengan lembaga dan forum-forum diskusi yang ada di dalamnya, sehingga siapa saja yang ingin menimba ilmu di UAD memiliki berbagai pilihan kajian keilmuan dengan berbagai variasinya.  Hal ini sekaligus memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk memperkaya ilmu pengetahuan hingga pengalaman penelitian di Universitas Ahmad Dahlan.

Kualitas pelayanan yang diberikan oleh kampus pun didukung oleh kultur dan budaya kota pendidikan Yogyakarta yang kondusif untuk meningkatkan minat belajar para mahaiswanya. Lokasi UAD yang tepat berada di tengah kota Yogyakarta membuat para mahasiswa memiliki kemudahan untuk mengakses berbagai fasilitas publik yang disediakan untuk menunjang proses pembelajaran.

Saat ini UAD memiliki 10 (sepuluh) Fakultas dengan 30 (tiga puluh) program studi Strata Satu (S1).  Untuk pendidikan lanjutan, UAD memiliki 7 (tujuh) ProgramStudi Strata Dua (S2) yaitu Magister Sains Psikologi, Magister Profesi Psikologi, Magister Pendidikan Fisika, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Farmasi, Magister Manajemen Pendidikan dan Magister Teknologi Informasi.  Semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan di lima lokasi kampus yang dimiliki oleh universitas. Masing-masing kampus difasilitasi dengan puluhan anjungan komputer dan beberapa titik Wi-Fi guna memfasilitasi mahasiswa melakukan monitoring kebutuhan akademik secara mandiri.

Guna mendukung kelancaran pengelolaan pendidikan dan pengajaran di UAD maka Buku Pedoman Akademik dapat digunakan sebagai salah satu informasi bagi seluruh sivitas akademika Universitas Ahmad Dahlan dan bagi masyarakat luas yang memerlukan.

 

Indonesian