- Gelar & Strata
- S.Tr.Bns ( Sarjana Terapan Bisnis ). – Sarjana Terapan (D-IV)
- Akreditasi
- Akreditasi Nasional :
❯ Akreditasi B (BAN-PT)
Sk No: 3218/SK/BAN-PT/Akred/ST/VIII/2019 - Kampus
- Kampus 2
Jalan Pramuka No. 42 Sidikan 55161 - SK & Sertifikat Akreditasi
Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa
Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan
Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960
PROGRAM STUDI BISNIS JASA MAKANAN
Bisnis di Bidang Pengelolaan Jasa Makanan memiliki prospek yang sangat menjanjikan karena terus tumbuh dan berkembang di era industri 4.0. Kebutuhan tenaga kerja dalam sektor bisnis jasa makanan yang ahli dan tersertifikasi juga mengalami peningkatan.
Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Jasa Makanan mampu menjawab kebutuhan tersebut dengan membekali lulusan dengan kompetensi yang komprehensif sehingga mampu mencetak lulusan yang unggul dan siap menghadapi persaingan di dunia kerja.
Visi
Menjadi program studi terapan di bidang bisnis jasa makanan yang islami, unggul dan berkualitas global.
Misi
-
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang jasa makanan yang menjunjung tinggi syari’at Islam dan berkualitas global
- Melaksanakan pengembangan dan penerapan inovasi dalam bidang bisnis jasa makanan yang memenuhi aspek kehalalan dan kesehatan serta standar kualitas nasional melalui aktualisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi
- Menyelenggarakan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat di bidang bisnis jasa makanan
- Meningkatkan kerjasama sinergis antara akademisi, masyarakat, pemerintah, serta sektor industri di bidang jasa makanan baik lokal, nasional maupun internasional
- Memajukan bisnis jasa makanan dengan memperhatikan aspek kehalalan dan kesehatan
Tujuan
-
- Tercapainya lulusan yang islami, memiliki kompetensi unggul di bidang bisnis jasa makanan dan berkualitas global
- Tercapaianya peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang islami, memiliki kompetensi unggul dan berkualitas global
- Terlaksananya peran sivitas akademika dalam pengembangan dan penerapan inovasi di bidang bisnis jasa makanan yang memenuhi aspek kehalalan dan kesehatan.
- Tercapainya peningkatan hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang relevan dengan kebutuhan masyarakat lokal, nasional dan internasional di bidang bisnis jasa makanan
- Tercapainya hasil penelitian yang dapat disebarluaskan dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik di bidang bisnis jasa makanan.
- Tercapainya peningkatan dan penguatan kerjasama strategis antara akademisi, masyarakat, pemerintah, serta sektor industri di bidang jasa makanan baik nasional maupun internasional
- Terwujudnya bisnis jasa makanan yang memperhatikan aspek kehalalan dan kesehatan
Prospek Lulusan
-
- Pengelola bisnis jasa makanan
- Wirausaha bidang kuliner
- Konsultan untuk food costing di bidang jasa kuliner
- Asisten chef di hotel, katering, restoran
- Kepala dapur dan badan usaha di bisnis jasa makanan
- Supplier catering
- Motivator bisnis jasa makanan
- Juru fotografi makanan
- Jurnalis makanan
Kompetensi
Kompetensi utama
- Mampu merancang strategi, kebijakan, dan model bisnis, struktur organisasi, SDM dan keuangan bisnis dalam menjalankan manajemen bisnis jasa makanan
- Mampu merancang macam-macam hidangan harian, buffet dan prasmanan, memproduksi makanan, dan mengaplikasikan teknologi pengolahan makanan dengan mempertimbangkan aspek kesehatan dan kehalalan.
- Mampu mengelola usaha jasa makanan (produksi, pemasaran, sumber daya manusia, keuangan, dan strategi bisnis) di berbagai bisnis jasa makanan.
- Mampu menganalisis dan memecahkan masalah di bidang bisnis jasa makanan, baik dari sisi produksi, pengelolaan dan pemasarannya.
- Mampu menerapkan konsep mutu, kehalalan makanan serta penyajiannya
Kompetensi pendukung :
- Mempunyai kepribadian dan integritas terhadap kepentingan nasional, keterampilan akademik, jujur, bermoral, inovatif dan berjiwa mandiri.
- Mampu menginternalisasi nilai-nilai keislaman dan ke Muhammadiyahan dalam pengelolaan bisnis jasa makanan.
- Mampu mengembangkan diri dan mampu berfikir secara logis dan analitis dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi di dunia kerja.
- Mampu bekerjasama dan menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerja
- Mampu mengaplikasikan prinsip kewirausahaan dalam pengelolaan bisnis jasa makanan.
INFO LEBIH LANJUT
Info lebih lanjut tentang Program Studi Bisnis Jasa Makanan Universitas Ahmad Dahlan melalui website dibawah ini.
LIHAT PROGRAM LAINNYA
Universitas Ahmad Dahlan memiliki sebelas fakultas. Setiap fakultas terdiri dari beberapa program studi yang spesifik mempelajari bidang ilmu masing-masing.