- Gelar & Strata
- S.Pd. (Sarjana Pendidikan). – Sarjana (S1)
- Akreditasi
- Akreditasi Nasional :
❯ Akreditasi A (BAN-PT)
Sk No: 12872/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XII/2021 - Kampus
- Kampus Utama
Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan) Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55166 - SK & Sertifikat Akreditasi
Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa
Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan
Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Program Studi mendapatkan status terdaftar pada 3 Maret 1984, yang dituangkan dalam SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0139/0/1984. Program Studi memiliki visi menjadi program studi yang unggul dan kompetitif di bidang pendidikan bahasa Inggris dan berkualitas global berdasarkan pada nilai-nilai keislaman, sedangkan misinya : menjalankan seluruh proses akademik secara profesional dan berdasarkan pada nilai-nilai keislaman, menyelenggarakan program untuk meningkatkan kompetensi profesional sivitas akademika yang didukung dengan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, menyelenggarakan pembinaan kemahasiswaan yang berkelanjutan demi tercapainya lulusan yang berkualitas global dengan nilai-nilai keislaman dan terciptanya kader yang dapat melangsungkan amal usaha Muhammadiyah, mengembangkan ilmu di bidang pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris melalui penelitian dan publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa yang berkualitas secara institusional, nasional maupun internasional, melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dan mengembangkan jalinan kerjasama dengan berbagai lembaga di tingkat regional, nasional maupun internasional. Lulusan mendapat gelar S.Pd.
Visi
“Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang unggul, berwawasan global, dan islami”
Misi
- Menghasilkan sarjana pendidikan Bahasa Inggris yang kompeten, berwawasan global, dan islami untuk membuka lapangan kerja dan atau mengisi kebutuhan dunia kerja baik formal maupun informal
- Menghasilkan ilmuwan muda yang kreatif dan inovatif dalam bidang Pengajaran Bahasa Inggris, Linguistik, dan Sastra Inggris.
- Menghasilkan penelitian dan publikasi karya ilmiah yang dapat dimanfaatkan secara praktis serta untuk pengembangan ilmu secara teoretis di bidang pengajaran Bahasa Inggris , Linguistik, dan Sastra Inggris.
Tujuan
1.Kompetensi Utama
- Memahami dan menerapkan keterampilan dalam bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari baik secara lisan maupun tertulis.
- Memahami dan menerapkan prinsip dasar pendidikan, profesi kependidikan, peserta didik, dan manajemen pendidikan.
- Memahami dan menerapkan prinsip pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris.
- Memahami dan menerapkan prinsip evaluasi dalam pengajaran bahasa Inggris.
- Memahami dan menerapkan pendekatan dalam pengajaran bahasa Inggris.
- Memahami dan menerapkan prinsip pengembangan kurikulum dan materi ajar bahasa Inggris.
- Memahami dan menerapkan prinsip dasar pengembangan materi bahasa Inggris untuk tujuan tertentu.
- Memahami dan menerapkan prinsip dasar ilmu bahasa.
- Memahami dan menerapkan prinsip dasar ilmu kesastraan.
- Menunjukkan sikap yang positif terhadap profesi guru dengan menunjukkan kompetensi di bidangnya.
- Memiliki kemampuan untuk mengelola kelas dalam proses pembelajaran.
- Memahami dan menerapkan prinsip dasar ke-Islaman dan kemuhammadiyahan dalam pengajaran bahasa Inggris.
2.Kompetensi Pendukung Lulusan
- Melaksanakan penelitian sebagai penerapan metode ilmiah dan sikap ilmuwan serta mampu mengkomunikasikan dan mempertanggungjawabkan hasil penelitian sesuai kaidah keilmuan
- Memahami dan menerapkan pemahaman terhadap lintas budaya, terutama dalam komunikasi bahasa Inggris.
- Memahami dan menerapkan prinsip menerjemahkan teks dari atau ke teks bahasa Inggris.
- Melakukan korespondensi/surat menyurat dalam bahasa Inggris.
- Memiliki kemampuan mengembangkan potensi pariwisata dan mempromosikannya.
- Memiliki kemampuan mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran baik non-IT maupun IT.
- Memahami bidang ilmu alamiah dasar untuk mendukung profesi keguruan.
3.Kompetensi Pilihan Lulusan
- Memahami dan menerapkan prinsip dasar pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak.
- Memahami dan menerapkan prinsip dasar jurnalisme dalam bahasa Inggris.
Kompetensi
1. Kompetensi Utama
- Memahami dan menerapkan keterampilan dalam bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari baik secara lisan maupun tertulis.
- Memahami dan menerapkan prinsip dasar pendidikan, profesi kependidikan, peserta didik, dan manajemen pendidikan.
- Memahami dan menerapkan prinsip pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris.
- Memahami dan menerapkan prinsip evaluasi dalam pengajaran bahasa Inggris.
- Memahami dan menerapkan pendekatan dalam pengajaran bahasa Inggris.
- Memahami dan menerapkan prinsip pengembangan kurikulum dan materi ajar bahasa Inggris.
- Memahami dan menerapkan prinsip dasar pengembangan materi bahasa Inggris untuk tujuan tertentu.
- Memahami dan menerapkan prinsip dasar ilmu bahasa.
- Memahami dan menerapkan prinsip dasar ilmu kesastraan.
- Menunjukkan sikap yang positif terhadap profesi guru dengan menunjukkan kompetensi di bidangnya.
- Memiliki kemampuan untuk mengelola kelas dalam proses pembelajaran.
- Memahami dan menerapkan prinsip dasar ke-Islaman dan kemuhammadiyahan dalam pengajaran bahasa Inggris.
2. Kompetensi Pendukung Lulusan
- Melaksanakan penelitian sebagai penerapan metode ilmiah dan sikap ilmuwan serta mampu mengkomunikasikan dan mempertanggungjawabkan hasil penelitian sesuai kaidah keilmuan
- Memahami dan menerapkan pemahaman terhadap lintas budaya, terutama dalam komunikasi bahasa Inggris.
- Memahami dan menerapkan prinsip menerjemahkan teks dari atau ke teks bahasa Inggris.
- Melakukan korespondensi/surat menyurat dalam bahasa Inggris.
- Memiliki kemampuan mengembangkan potensi pariwisata dan mempromosikannya.
- Memiliki kemampuan mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran baik non-IT maupun IT.
- Memahami bidang ilmu alamiah dasar untuk mendukung profesi keguruan.
3. Kompetensi Pilihan Lulusan
- Memahami dan menerapkan prinsip dasar pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak.
- Memahami dan menerapkan prinsip dasar jurnalisme dalam bahasa Inggris.
Kompetensi Dosen
Dosen tetap program studi terdiri atas 2 (6,5%) dosen berjenjang S3 dan 22 (71,0%) dosen berjenjang pendidikan S2. 2 dari 22 dosen tersebut merupakan lulusan luar negeri dan 5 dari 22 dosen tersebut pada saat ini sedang menempuh jenjang pendidikan S3. Sisanya yaitu sebanyak 7 (22,6%) dosen berjenjang pendidikan S1, akan tetapi keseluruhan dosen tersebut pada saat ini sedang menempuh pendidikan S2.
INFO LEBIH LANJUT
Info lebih lanjut tentang Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan melalui website dibawah ini.
LIHAT PROGRAM LAINNYA
Universitas Ahmad Dahlan memiliki sebelas fakultas. Setiap fakultas terdiri dari beberapa program studi yang spesifik mempelajari bidang ilmu masing-masing.