- Gelar & Strata
- S.Pd. (Sarjana Pendidikan). – Sarjana (S1)
- Akreditasi
- Akreditasi Nasional :
❯ Akreditasi UNGGUL (BAN-PT)
Sk No: 3763/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/IV/2024 - Kampus
- Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19 Sorosutan Yogyakarta 55164 - SK & Sertifikat Akreditasi
Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa
Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan
Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UAD di selenggarakan sejak tahun akademik 2011/2012 dengan Ijin Penyelenggaraan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 167/E/O/2011 pada tanggal 5 Agustus 2011 tentang Penyelenggaraan Program studi pada Universitas Ahmad Dahlan.
Pada tahun 2019 mencapai akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT Nomor 1986/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2019 Prodi PGSD UAD juga di percaya sebagai penyelenggara PPG prajabatan maupun PPG dalam jabatan sejak tahun 2018. Sebelumnya juga terlibat dalam penyelenggaraan sertifikasi guru melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG).
Visi
Visi Program Studi PGSD FKIP UAD adalah sebagai berikut:
Pada tahun 2030 menjadi Program Studi yang unggul dalam menyiapkan pendidik Sekolah Dasar yang kompeten; menguasai riset, teknologi, dan seni; peduli lingkungan, berwawasan global, dan dijiwai nilai-nilai Islam.
Misi
Misi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar:
- Menyelenggarakan program pendidikan bermutu yang relevan dengan pembangunan berkelanjutan dalam budaya Islami.
- Menyelenggarakan riset dan pengembangan teknologi pembelajaran serta implementasinya.
- Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat.
- Mengembangkan jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan dasar, teknologi, dan seni baik nasional maupun internasional.
Tujuan
Tujuan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Ahmad Dahlan sebagai berikut:
- Menghasilkan tenaga profesional yang memiliki kemampuan sebagai pendidik dan pengembang keilmuan pendidikan sekolah dasar.
- Menghasilkan pendidik sekolah dasar yang memiliki kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional.
- Lulusan Program studi PGSD diharapkan menjadi guru kelas yang menguasai berbagai model pembelajaran, sehingga dapat menstimulasi perkembangan peserta didik.
- Pengembangan karakter dan penguasaan bidang pengembangan kegiatan ekstra kurikuler di SD sesuai dengan bakat dan minat.
- Lulusan memiliki kepekaan dan mampu melestarikan nilai-nilai kearifan lokal, namun prospektif dipadu dengan penguasaan bidang teknologi komunikasi dan informasi.
- Memberikan bekal kemampuan manajerial dan pengalaman implementatif terkait dengan pelestarian lingkungan hidup.
- Menghasilkan riset pengembangan teknologi pembelajaran di bidang pendidikan dasar.
- Menghasilkan calon pendidik yang lulus tepat waktu dengan indeks pencapaian prestasi yang tinggi
Prospek Lulusan
Profil lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD-Elementary Teacher Education) jenjang Sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Dasar yang memiliki keahlian sebagai:
- Tenaga Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
- Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
- Praktisi dan Konsultan Pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar.
Kompetensi Lulusan
Kompetensi Utama Lulusan
Kompetensi utama lulusan dirumuskan dalam capaian pembelajaran. Prodi PGSD menggunakan capaian pembelajaran yang telah disepakati oleh Himpunan Dosen PGSD Indonesia (HDPGSDI). Perumusan capaian pembelajaran oleh HDPGSDI di Semarang dan diperkuat pada pertemuan di Surabaya.
Capaian pembelajaran dijabarkan menjadi Tata Nilai, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, dan Pengetahuan yang harus dikuasai oleh mahasiswa PGSD. Proses pembentukan dan revisi kurikulum berpedoman pada berbagai ketentuan Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi, Perpres Nomor 8 tahun 2012 tentang KKNI, Permenristek Dikti Nomor 55 tahun 2017 tentang SNPG. Secara operasional proses penyusunan kurikulum mengacu pada Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti, Ditjen Belmawa 2016.
Profil lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD-Elementary Teacher Education) jenjang Sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Dasar yang memiliki keahlian sebagai:
- Tenaga Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
- Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
- Praktisi dan Konsultan Pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar.
Kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan PGSD UAD disesuaikan dengan KKNI level 6. Lulusan PGSD harus menguasai kompetensi inti dalam setiap kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan keilmuan supaya mampu menjadi guru SD yang profesional dalam menjalankan tugas dan perannya. Uraian setiap standar kompetensi utama tersebut dapat dikemukakan sebagai berikut:
- Tenaga Pendidik
Kompetensi Umum
- Memiliki kesadaran dan berperilaku sebagai warga negara berpendidikan tinggi yang agamis, demokratis, dan cerdas, tanggung jawab dan komitment sebagai pendidik sekolah dasar.
- Menguasai disiplin ilmu yang berkaitan dengan substansi dan metodologi dasar keilmuan dari bahan lima mapel di SD.
- Memahami karakteristik anak usia SD, cara belajar, kemampuan awal, kesulitan belajar, serta latar belakang keluarga dan masyarakat untuk assesmen pembelajaran anak usia SD dalam konteks kebhinekaan budaya.
- Memiliki kemampuan menguasai konsep hukumdan teori pembelajaran di SD; mampu merancang, melaksanakan, dan menilai pembelajaran yang mendidik yang mengacu pada pencapaian tujuan utuh pendidikan.
- Mampu menganalisis data dan informasidi bidang pendidikan, menemukan dan memecahkan permasalahan pembelajaran dalam rangka perbaikan pengelolaan pembelajaran secara sistematis dan ilmiah.
- Mampu berkomunikasi secara sosial dan profesional, baik di lingkungan sejawat maupun masyarakat.
- Mampu mengembangkan kemampuan profesional secara berkelanjutan.
- Berpikir terbuka, kritis, inovatif, dan percaya diri dalam mengemban tugasnya sebagai guru Sekolah Dasar.
Kompetensi Pedagogik
Memahami karakteristik anak usia SD, cara belajar, kemampuan awal, kesulitan belajar, serta latar belakang keluarga dan masyarakat untuk assesmen pembelajaran anak usia SD dalam konteks kebhinekaan budaya.
Kompetensi Sosial
Mampu berkomunikasi secara sosial dan profesional, baik di lingkungan sejawat maupun masyarakat.
Kompetensi Kepribadian
- Memiliki kesadaran dan berperilaku sebagai warga negara berpendidikan tinggi yang agamis, demokratis, dan cerdas, tanggung jawab dan komitmen sebagai pendidik sekolah dasar.
- Berpikir terbuka, kritis, inovatif, dan percaya diri dalam mengemban tugasnya sebagai guru sekolah dasar.
Kompetensi Profesional
- Menguasai disiplin ilmu yang berkaitan dengan substansi dan metodologi dasar keilmuan dari bahan lima mapel di SD.
- Memiliki kemampuan menguasai konsep hukum dan teori pembelajaran di SD;mampu merancang, melaksanakan, dan menilai pembelajaran yang mendidik yang mengacu pada pencapaian tujuan utuh pendidikan.
- Mampu menganalisis data dan informasi di bidang pendidikan, menemukan dan memecahkan permasalahan pembelajaran dalam rangka perbaikan pengelolaan pembelajaran secara sistematis dan ilmiah.
- Mampu mengembangkan kemampuan profesional secara berkelanjutan.
Peneliti
- Menguasai metodologi penelitian pendidikan di sekolah dasar.
- Melakukan penelitian pendidikan di sekolah dasar yang dapat digunakan dalam memberikan petunjuk untuk memilih berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan sekolah dasar.
- Mengkomunikasikan hasil penelitian.
Praktisi dan Konsultan Pendidikan
- Menguasai sistem regulasi pendidikan dan antisipatif terhadap perkembangan.
- Menguasai manajemen pendidikan berbasis sekolah guna merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah dan Lembaga Pendidikan dibawah tanggung jawabnya.
- Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data di bidang pendidikan.
- Memantau dan mengevaluasi aktivitas dalam mengelola kelas, sekolah dan Lembaga Pendidikan secara komprehensif.
- Mengkomunikasikan hasil pemantauan dan evaluasi pendidikan.
Kompetensi Pendukung Lulusan
Kompetensi pendukung lulusan adalah kompetensi yang bersifat khusus dan terkait dengan kompetensi utama yang dapat dikembangkan oleh institusi penyelenggara Program Studi. Kompetensi pendukung yang dikembangkan pada Program Studi PGSD UAD adalah kemampuan-kemampuan:
- Tenaga Pendidik
Kompetensi Umum
- Mampu menjadi pendidik yang inovatif dengan memanfaatkan perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS).
- Memiliki kepribadian yang mendukung guru Sekolah Dasar serta menjunjung tinggi kode etik keguruan berdasarkan Undang-undang tentang Guru dan Dosen menguasai dasar-dasar pendidikan jasmani dan olah raga serta pendidikan kesenian dalam kurikulum SD.
- Mendalami tentang perbedaan individual, baik segi kognitif, emosional, maupun gerak tubuh (bodily kinetic), serta kemungkinan kelainan yang disandang, serta pengaruh lingkungan sosial budaya terhadap perkembangan siswa, termasuk pembentukan nilai-nilai yang relevan.
- Memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, untuk melaksanakan dan mengelola pembelajaran di sekolah dasar.
- Mampu melaksanakan penelitian di bidang pendidikan, khususnya pada pendidikan SD.
- Menunjukan kepekaan yang bertanggung jawab terhadap nilai budaya, proses dan masalah sosial, ekonomi, politik, serta agama, dan perkembangan masyarakat dalam tatanan globalyang berpengaruh terhadap perkembangan proses dan tuntutan terhadap hasil pendidikan dasar.
- Mengenal dan mengamalkan kode etik profesi guru dalam segi pengembangan keilmuan, penelitian, dan keprofesionalannya.
- Mampu membina jejaring dan kerjasama kemitraan.
Kompetensi Pedagogik
Mendalami tentang perbedaan individual, baik segi kognitif, emosional, maupun gerak tubuh (bodily kinetic), serta kemungkinan kelainan yang disandang, serta pengaruh lingkungan sosial budaya terhadap perkembangan siswa, termasuk pembentukan nilai-nilai yang relevan.
Kompetensi Sosial
Mampu membina jejaring dan kerjasama kemitraan.
Kompetensi Kepribadian
- Memiliki kepribadian yang mendukung guru Sekolah Dasar serta menjunjung tinggi kode etik keguruan berdasarkan Undang-undang tentang Guru dan Dosen menguasai dasar-dasar pendidikan jasmani dan olah raga serta pendidikan kesenian dalam kurikulum SD
- Menunjukan kepekaan yang bertanggung jawab terhadap nilai budaya, proses dan masalah sosial, ekonomi, politik, serta agama, dan perkembangan masyarakat dalam tatanan global yang berpengaruh terhadap perkembangan proses dan tuntutan terhadap hasil pendidikan dasar.
- Mengenal dan mengamalkan kode etik profesi guru dalam segi pengembangan keilmuan, penelitian, dan keprofesionalannya.
Kompetensi Profesional
- Mampu menjadi pendidik yang inovatif dengan memanfaatkan perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS).
- Memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, untuk melaksanakan dan mengelola pembelajaran di sekolah dasar.
- Mampu melaksanakan penelitian di bidang pendidikan, khususnya pada pendidikan SD.
- Menunjukan kepekaan.
Peneliti
- Mempunyai karakter diri yang kuat,beriman dan bertakwa kepadaTuhan YME sesuai dengan pedoman hidup warga Muhammadiyah.
- Mempunyai kemampuan berkomunikasi global.
- Mampu mengintegrasikan nilai-nilai intelektual dan moral dalamperilaku berkarya dan bermasyarakat.
Praktisi dan Konsultan Pendidikan
- Mempunyai karakter diri yang kuat, beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME sesuai dengan pedoman hidup warga Muhammadiyah.
- Mempunyai kemampuan berkomunikasi global.
Mampu mengintegrasikan nilai-nilai intelektual dan moral dalam perilaku berkarya dan bermasyarakat.
Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan
Mahasiswa PGSD UAD juga diharapkan memiliki kemampuan-kemampuan lain yang juga dilatihkan dan dapat diperoleh di UAD. Kemampuan tersebut yaitu:
- Tenaga Pendidik
- Memiliki pemahaman tentang konsep belajar sepanjang hayat dan implementasinya dalam pembelajaran kemasyarakatan.
- Memiliki keterampilan membelajarkan masyarakat untuk lebih peduli pada lingkungan.
- Berkarakter dan berkrepribadian islami.
- Menguasai teknologi informasi dan mempu menggunakannya dalam pengembangan profesionalitas berkelanjutan.
- Menguasai bahasa global.
- Peneliti
Mampu mengembangkan potensi diri secara mandiri dan berkelanjutan.
- Praktisi dan Konsultan Pendidikan
Mampu mengembangkan potensi diri secara mandiri dan berkelanjutan
INFO LEBIH LANJUT
Info lebih lanjut tentang Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Ahmad Dahlan melalui website dibawah ini.
LIHAT PROGRAM LAINNYA
Universitas Ahmad Dahlan memiliki sebelas fakultas. Setiap fakultas terdiri dari beberapa program studi yang spesifik mempelajari bidang ilmu masing-masing.