- Gelar & Strata
- M.Pd. (Magister Pendidikan). – Magister
- Akreditasi
- Akreditasi Unggul
❯ Akreditasi Lamdik
Sk No: 891/SK/LAMDIK/Ak/M/XII/2022 - Kampus
- Kampus 2
Jalan Pramuka No. 42 Sidikan 55161 - SK & Sertifikat Akreditasi
Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa
Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan
Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN
Peningkatan daya saing bangsa sangat penting, dan pendidikan menjadi upaya strategis. Sekolah diharapkan dapat menghasilkan kualitas lulusan yang handal (relevan dengan kebutuhan dunia kerja, memiliki kompetensi memadai, menguasai life skill yang dibutuhkan). Agar lembaga penyelenggara pendidikan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas menuntut cara kerja organisasi sekolah yang efektif, untuk itu peran fungsi manajerial sangat penting.
Banyak kendala yang sering ditemui dalam penyelenggaraan pendidikan, hambatan dan tantangan makin menuntut kemampuan kreatif dalam menyelesaikannya. Kondisi tersebut membutuhkan figure pimpinan yang memiliki kemampuan manajerial handal sehingga mampu membawa organisasi penyelenggara pendidikan lebih efektif mencapai tujuan, masyarakat pengguna layanan pendidikan diharapkan dapat memperoleh kepuasan terhadap jaminan kualitas pendidikan bagi putra-putrinya.
Ragam kebijakan pendidikan yang ditetapkan menuntut implementasi oleh para pelaksana di lapangan. Kondisi sumber daya manusia, dan berbagai sumber daya lainnya di lembaga pendidikan memiliki kualifikasi yang beragam mengakibatkan implementasi menjadi kurang optimal. Di sisi lain relevansi, keterlaksanaan kebijakan seringkali menemui berbagai kendala. Umpan balik sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas kebijakan maupun implementasinya. Kemampuan analisis dan evaluasi kebijakan dibutuhkan agar kendala implementasi maupun relevansi kebijakan dapat segera diketahui dan menjadi acuan perbaikan lebih lanjut.
Implementasi otonomi daerah yang juga berimbas ke bidang pendidikan memberikan peluang besar bagi daerah atau bahkan sekolah untuk mengembangkan kebijakan penyelenggaraan pendidikan, namun efektivitas kebijakan yang diambil perlu dikaji melalui evaluasi terhadap proses penentuan kebijakan, substansi kebijakan, relevansi, dan implementasi kebijakannya.
Prodi Magister Manajemen Pendidikan mengkaji dan menyiapkan sarjana manajemen pendidikan yang mampu memanej dan mengelola lembaga-lembaga pendidikan, terutama manajemen ditingkat menengah dan bawah. Kedepan prodi berusaha menggali gagasan, pemahaman dan praktik kepemimpinan, dan manajemen lokal di Indonesia di tingkat menengah dan keluarga yang direfleksikan ke gagasan, teori dan praktek yang cocok dengan tuntutan pendidikan masa kini.
Visi
Menjadi Program Studi S2 Manajemen Pendidikan yang memiliki keunggulan komparatif dalam bidang manajemen pendidikan, diakui secara internasional, dan dijiwai nilai-nilai Islam. Menjadi Program Studi S2 Manajemen Pendidikan yang memiliki keunggulan komparatif dalam bidang manajemen pendidikan, diakui secara internasional, dan dijiwai nilai-nilai Islam.
Misi
-
- Menyiapkan pemimpin pendidikan yang bermoral, profesional, dan inovatif
- Memperbaiki kinerja sistem pendidikan yang utuh dan benar,
- Melakukan pengajaran, penelitian, publikasi, dan pengabdian masyarakat dalam bidang Manajemen Pendidikan untuk memajukan praksis pendidikan,
- Membangun jaringan kerja perbaikan pendidikan tingkat nasional dan internasional yang dijiwai nilai-nilai Islam,
- Membangun dan mengembangkan sistem informasi pendidikan yang inovatif,
- Memberdayakan lembaga dan organisasi pendidikan.
Tujuan
1. mengembangkan kompetensi SDM bermoral dan profesional di bidang pengelolaan pendidikan yang memiliki kemampuan
a. kepemimpinan pendidikan yang berakhlak mulia dan profesional
b. mengembangkan kinerja profesional di bidang manajemen pendidikan yang ditunjukkan oleh ketajaman analisis dan pemecahan permasalahan pendidikan melalui tinjauan yang komprehensif dan memanfaatkan praktik-praktik terbaik (best practices) manajemen pendidikan.
2. mengembangkan manajemen pendidikan berbasis nilai-nilai, kebudayaan, peradaban dan sistem kelembagaan Islam yang memiliki kemampuan :
a. mengembangkan dan memutakhirkan keterpaduan agama, ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayan dengan cara menguasai dan memahami pendekatan, metode, kaidah ilmiah disertai keterampilan penerapan dalam melaksanakan manajemen pendidikan,
b. memecahkan permasalahan pendidikan menggunakan keahlian dan manajemen pendidikan melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah.
Prospek Lulusan
- Pemimpin Pendidikan yang kreatif dan berintegritas
- Peneliti bidang manajemen Pendidikan
- Pengembang Pendidikan yang inovatif
Lulusan Magister Manajemen Pendidikan UAD memiliki prospek sebagai guru, kepala sekolah, praktisi pendidikan, pengawas, dosen dan peneliti
Kompetensi
Kompetensi Lulusan
Kompetensi Utama:
Lulusan Magister Manajemen Pendidikan UAD harus: Mampu berfikir holistik, komprehensif, dan Islami; Mempunyai kemampuan untuk mengembangkan kemitraan pendidikan; Mampu merumuskan strategi perbaikan pendidikan; Mampu meneliti dalam bidang manajemen pendidikan; Mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi; Mempunyai kemampuan konseptual; Mempunyai kemampuan hubungan interpersonal; Mempunyai kemampuan berorganisasi dan perbaikan organisasi; Mempunyai kemampuan mendelegasi wewenang; Mampu bekerja tim; Berwawasan luas; Toleran dan menghargai keanekaragaman; Mempunyai kemampuan berfikir sistem; Mempunyai kemampuan analisis terhadap perilaku organisasi dan konteksnya; Mempunyai kemampuan untuk berfikir kritis, kreatif, inovatif ; Mempunyai kemampuan untuk mengevaluasi kebijakan dan program pendidikan
Kompetensi Pendukung:
Kompetensi pendukung lulusan Magister Manajemen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan adalah menghasilkan peneliti yang: Mempunyai kemampuan analisis kebijakan pendidikan berbasis manajemen budaya majemuk; Mempunyai kemampuan analisis kebijakan pendidikan berbasis penelitian; Mempunyai kemampuan mengembangkan Manajemen Pendidikan berbasis khasanah lokal; Mempunyai kemampuan berbagai penguasaan teknis; mempunyai kemampuan menulis berbagai bentuk artikel ilmiah
Kompetensi Dosen
Dosen-dosen prodi Manajemen Pendidikan memiliki kompetensi Doktor Guru Besar dan Doktor sesuai dengan bidang keahlian. Berbagai kompetensi filsafat ilmu dan kebijakan, pendidikan komparatif, supervisi pendidikan, penelitian pendidikan, analisis ekonomi pendidikan, teori dan perilaku organisasi.
Aktivitas Mahasiswa
Mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan aktif melakukan berbagai kegiatan baik penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta aktif mengikuti berbagai seminar dan berbagai forum diskusi, baik di dalam negeri maupum di luar negeri antara lain ke Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.
Alumni
Alumni Magister MP UAD tersebar di berbagai wilayah Indonesia, Filipina dan China
INFO LEBIH LANJUT
Info lebih lanjut tentang Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan melalui website dibawah ini.
LIHAT PROGRAM LAINNYA
Universitas Ahmad Dahlan memiliki sebelas fakultas. Setiap fakultas terdiri dari beberapa program studi yang spesifik mempelajari bidang ilmu masing-masing.