mawapres.jpg

Kiat Mendapatkan Pendanaan Kemenristekdikti

Perhatiannya pada lingkungan membuat  Adi Susatyo S. T., Alumni Teknik Industri  angkatan 2011 memenangkan lomba Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada 2015 lalu. Karya ilmiahnya yang berjudul Pembuatan Sistem dan Alat Berbasis Gerobak Sortir dalam  Upaya Solutif Pengembangan Sampah dari Rumah Tangga ke TPS yang Produktif mendapatkan pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (kemenristekdikti) tingkat se-Jawa Bali.

“Alhamdulillah, senang karena bisa didanai, sehingga bisa mengimplementasikan ide yang kita miliki,” ungkap laki-laki kelahiran Cilacap dengan haru, kamis(17/2017).

Ide yang menarik dan kesesuaian dengan tema yang diambil menjadi hal yang sangat penting mengingat kedua hal tersebut menjadi salah satu komponen penilaian. Selain itu orisinalitas, kebermanfaatan dan keberlanjutan juga tidak kalah penting karena judul yang diajukan tentu diharapkan dapat menjadi manfaat bagi masyarakat.

“Banyak mencari informasi lomba dan ikut studi club atau buat kelompok penelitian,” imbuh Adi perihal kiat khusus dalam mengikuti PKM. Adi juga menambahkan penulisan yang baik juga mendukung untuk bisa melanjutkan ke tahap berikutnya hingga bisa lolos mengikuti pendanaan. Jika ide sudah menarik, bermanfaat bagi masyarakat, tema sesuai dan penulisan proposal dilakukan dengan baik hingga dapat menyampaikan tujuan, tahap selanjutnya pasti bisa diraih.

Setelah lolos dan mendapatkan pendanaan untuk  idenya, Adi kemudian membuat prototype alatnya. Mantan ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Industri periode 2013 ini menuturkan pesannya, “kalau bisa mumpung masih berstatus mahasiswa, perbanyak ikut kegiatan-kegiatan akademik dan non-akademik. Contohnya lomba sesuai bidang akademik yang disukai. Tujuannya biar dapat mengimplementasikan ilmu yg didapat.”

“Bagi Mahasiswa baru (Maba) jika ingin melakukan sesuai dengan passion dalam bidang yang diminati atau mata kuliah yang disenangi jangan setengah-setengah, misalnya kalau menyukai mata kuliah desain maka lomba yang bisa diikuti yaitu lomba desain produk atau kalau suka dalam mata kuliah statistik bisa mengikuti lomba statistik,” jelas Adi melanjutkan pembicaraannya. (sch)