You are here

KKN PPM UAD Hasilkan Produk-Produk Bernilai Ekonomi

Indonesian

Senin (21/8/2017), telah dilaksanakan upacara penerjunan KKN PPM Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta di Kantor Kecamatan Godean, Sleman. KKN PPM ini melibatkan 27 mahasiswa, dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengolahan Limbah Pertanian Menjadi Briket, Bokashi, Silase, dan Kompos Cascing”. Upacara diakhiri dengan penandatangan berita acara penerjunan dan serah-terima bantuan alat dan mesin (teknologi tepat guna) untuk pengolahan limbah yang selanjutnya akan diteruskan kepada 3 dusun, yaitu dusun Kemirisewu XII, Bantut V, dan Dongkelan XIII. Penerjunan ini mengawali kegiatan-kegiatan berikutnya selama 35 hari selama Agustus-September 2017.

Program KKN PPM tersebut diusung oleh dosen dari Program Studi Psikologi dan Kesehatan Masyarakat, yaitu Dr. Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si.; Dr. Surahma Asti Mulasari, S.Si., M.Kes.; Tri Wahyuni sukesi, S.Si., M.PH.; dan Sulistyawati, S.Si., M.PH. Tujuan dari program ini adalah meningkatkan pemberdayaan masyarakat di lokasi KKN PPM untuk mengatasi pencemaran lingkungan dengan memanfaatkan sekam padi dan jerami menjadi briket biomassa (biobriket), bokashi, silase, dan pupuk cascing.

Selama pelaksanaannya, masyarakat akan didampingi oleh mahasiswa-mahasiswa KKN PPM, yang dibimbing dosen pengusul. Di antaranya dengan diberikan penyuluhan dan pelatihan berupa pembuatan briket biomassa, bokashi, silase, pupuk cascing, meningkatkan motivasi wirausaha untuk memanfaatkan produk olahan jerami dan sekam padi, pemanfaatan briket untuk alternatif bahan bakar, pemanfaatan bokashi dan pupuk cascing untuk media tanam, serta pemanfaatan silase untuk pakan ternak.

Selanjutnya pada Senin (28/8/2017), KKN PPM melakukan agenda besar, yaitu “Gelar Produk dan Seminar Kewirausahaan”. Gelar produk hasil olahan limbah pertanian yang dipamerkan berupa produk-produk yang diberi label BOCIR (Bokashi Cair), BRIKET SMOLDER (Bahan Bakar Alternatif), KASCING (Pupuk Organik), BOPAD (Bokashi Padat), KAPSUL CACING (Obat Demam), dan SILASE (Pakan Ternak). Selain itu, diadakan pula seminar kewirausahaan dengan mengundang pakar, yaitu Sarjudi, M.Pd. dari Godean, yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

Dalam acara pembukaan gelar produk dan seminar ini, selain dari tim dosen dan mahasiswa-mahasiswa KKN PPM dari ke tiga unit yang diketuai Dedy Hendra Kurniawan,  Fikri Mustajab, Dhian Noor Hidayat, juga dihadiri oleh Wakil Rektor III Dr. Abdul Fadlil, M.T., kepala LPM UAD yang diwakili oleh Ahmad Ahid Mudayana, S.KM.,M.PH., serta turut mengundang camat Godean, kepala desa Sidorejo, kepala-kepala dusun, tokoh masyarakat setempat, serta warga desa Sidorejo.

Alhamdulillah, pelaksanaan program-program KKN PPM ini berjalan dengan lancar sampai terselenggaranya gelar produk dan seminar ini. Harapan kami ke depan, kegiatan serupa dapat ditindaklanjuti sebagai wujud dari wirausaha mandiri masyarakat dalam meningkatkan perekonomian dan menanggulangi pencemaran lingkungan oleh limbah pertanian,” tutur Fatwa Tentama.

Kesuksesan program-program KKN PPM ini tak lepas dari bantuan semua pihak, termasuk para koordinator unit.