You are here

Lokakarya Mahasiswa Baru FKIP UAD

Indonesian

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Lokakarya bagi mahasiswa baru (Maba). Lokakarya tersebut bertajuk “Strategi Belajar dan Berorganisasi di Perguruan Tinggi bagi Mahasiswa Baru”. Dilaksanakan pada Selasa (29/8/2017), acara ini mendatangkan tiga narasumber. Mereka adalah Dr. Suparman, M.Si., DEA; Gatit Sugiharto, S.H., M.H.; dan Drs. Hendro Setyono, S.E., M.Sc.

Dalam acara tersebut, hadir Dr. Abdul Fadlil, M.T., Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kemahasiswaan dan Pemberdayaan Alumni (WR III). Ia menceritakan tentang pengalaman-pengalaman mahasiswa berprestasi UAD yang berhasil meraih prestasi dan membawa nama Indonesia serta UAD ke tingkat internasional. Bercermin dari pengalaman-pengalaman tersebut, ia juga mengimbau kepada Maba untuk berprestasi dan mengembangkan minat serta bakat melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Organisasi Mahasiswa (Ormawa).

Materi pertama, “Strategi Belajar Hebat untuk Menjadi Pembelajar Hebat”, disampaikan oleh Suparman. Sebelum materi disampaikan, terlebih dahulu diputar video perkenalan sebagai ice breaker. Dalam video tersebut, Wakil Dekan FKIP ini memperlihatkan pengalaman kunjungan luar negeri, serta riwayat pendidikannya. Pengalamannya menyelesaikan studi S2 dan S3 di Prancis memberikan motivasi kepada Maba untuk dapat meraih pendidikan setinggi-tingginya, bahkan hingga ke tingkat internasional.

Suparman memberikan tips untuk Maba agar dapat menyelesaikan studi tepat sasaran. Ia menganjurkan Maba untuk menentukan sasaran mutu IPK per tahun, target beasiswa, pilihan Ormawa yang akan diikuti sesuai minat dan bakat masing-masing, serta target prestasi yang ingin diraih. Tidak lupa ia juga mengimbau Maba untuk mengikuti kompetisi dan perlombaan di tinggal prodi hingga internasional, sesuai dengan minat dan bakat yang dikembangkan.

Lokakarya yang digawangi panitia Program Pengenalan Kampus (P2K) dosen dan mahasiswa tersebut diikuti 160 peserta perwakilan Maba yang berasal dari seluruh Program Studi (Prodi) FKIP dan 40 tamu undangan dari dosen, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan Ormawa-ormawa lain.(dev)