You are here

MADAPALA Tanam 260 Pohon di Kampus 3

Indonesian

“Selain untuk meghijaukan kampus, acara ini bertujuan untuk memperindah estetika kampus dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat UAD dengan produksi oksigen yang lebih banyak dan berkualitas,” jelas Ihamsyah. Saat ditemui di Green Hall Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan, mahasiswa semester 5 tersebut menjelaskan bahwa saat audiensi, pihak kampus merespon program kerja ini dengan sangat baik sehingga seluruh administrasi dan perijinan menjadi dipermudah.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Ahmad Dahlan Pecinta Alam (MADAPALA) melakukan penghijauan kampus pada 28 Desember lalu. Rangkaian acara Penghijauan Kampus ini dimulai dengan pelaksanaan seminar Etika, Moral dan Kepedulian Mahasiswa Terhadap Lingkungan sehari sebelumnya di auditorium A Kampus 3 UAD. Mendatangkan dua pembicara dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Badan Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA), seminar ini bertujuan mengedukasi mahasiswa tentang pentingnya kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan hidup.

Ilhamsyah, ketua panitia acara Penghijauan Kampus, menjelaskan bahwa tindakan penghijauan kampus dirasakan oleh Madapala sangat tinggi urgensinya. Apalagi UAD adalah rumah yang menaungi Madapala, tentu penghijauan harus dimulai dari tempat yang paling dekat dahulu yaitu kampus. Program kerja kepengurusan inti Madapala ini semata-mata merespon keadaan Kampus 3 UAD yang dirasa masih kurang hijau, untuk kemudian diharapkan dapat dilanjutkan ke kampus-kampus UAD yang lain di tahun-tahun yang akan datang. Mahasiswa Fakultas Teknik Industri ini juga menekankan bahwa kegiatan penghijauan kampus ini tidak akan berhenti hanya sebatas penanaman, tetapi juga perawatan untuk ke depannya.

Sebanyak 20 tanaman gantung dan 260 pohon Pucuk Mera ditanam di area Kampus 3 UAD pada acara tersebut. Tanaman Pucuk Mera atau Oleana Syzigium dipilih karena tanaman ini adalah jenis pohon perindang perdu tropis yang cabang atau rantingnya dapat menyebar ke segala arah. Selain itu pohon ini membutuhkan jarak tanam yang cukup jauh yaitu minimal 1,5 m dan perawatan yang  sangat mudah serta pertumbuhan yang cepat membuat pohon ini cocok ditanam di area kampus.

Acara Penghijauan Kampus tersebut diawali dengan simbolisasi penanaman yang dilakukan oleh Wakil Rektor III, Dr. Abdul Fadil, M.T., Pembina UKM Madapala, dan Ketua Umum UKM Madapala. Kemudian dilanjutkan dengan ice breaking yang diisi oleh para sponsor kegiatan seperti Titik Nol, My Adventure dan Pendaki Muslim. Setelah istirahat, sekitar pukul 13.00 WIB barulah penanaman bersama dilakukan oleh Madalapa bersama delegasi seluruh Unit KM UAD.