You are here

Madapala UAD Kirimkan Relawan ke Ponorogo

Indonesian

Sebagai bentuk kepedulian dan penerapan pengabdian masyarakat Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa Ahmad Dahlan Pecinta Alam (Madapala) mengirim 4 orang relawan ke lokasi longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo.

Empat orang tersebut adalah Arif Darmawan, Muh. Gusti, Anton Sujarwo, dan Elbert. Mereka diberangkatkan  Sabtu (4/4/2017) dari kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Jl. Kapas 9, Semaki, Umbulharjo.

Menurut keterangan Ainun Irvanto selaku Dewan Pertimbangan Madapala, setelah mendapat informasi tentang adanya longsor di Ponorogo, semua anggota langsung bergerak untuk menghimpun data.

“Kami harus merespons secepat mungkin ketika terjadi suatu bencana, karena kami memegang prinsip menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Sebelum memutuskan untuk mengirim relawan, kami mengumpulkan data terkait bencana longsor tersebut  dan mengomunikasikan dengan pimpinan universitas,” jelas Ainun.

Saat di  Ponorogo, relawan dari Madapala tergabung bersama Mapala Indonesia selama 4 hari, terhitung sampai Sabtu (8/4/2017). Tugas utama mereka membantu mendistribusikan logistik kepada para korban, karena untuk evakuasi sudah menggunakan alat-alat berat. (ard)