menuju_indonesia_emas_2045_2.jpeg

Menuju Indonesia Emas 2045

“Mengangkat jiwa nasionalisme setiap mahasiswa baru UAD untuk mencapai Indonesia emas di tahun 2045.”  – Muhammad Taris-

Program Pengenalan Kampus atau biasa disebut  dengan P2K UAD tahun ini mengusung tema yakni Bersama UAD Kita Kukuhkan Semangat Nasionalisme Menuju Indonesia Emas 2045. Tema ini dipilih dengan terlebih dahulu melihat momentum dan kebutuhan bangsa Indonesia dengan adanya bunus demografi penduduk di tahun 2020-2030 dan untuk mencapai Indonesia Emas di tahun 2045.

“Mengukuhkan semangat nasionalisme menuju Indonesia emas di tahun 2045 dipilih menjadi tema besar dalam P2K tahun ini, yang bertujuan untuk mengangkat jiwa nasionalisme setiap mahasiswa baru UAD untuk mencapai Indonesia emas di tahun 2045. Diharapkan mashasiswa baru UAD dapat berkontribusi untuk menyukseskan Indonesia emas di tahun 2045 dengan ilmu yang telah didapat saat berkuliah di UAD.” Ungkap Muhammad Taris, Ketua Panitia Pusat P2K Tingkat Universitas (PANPUS), Sabtu (12/8/2017).

“Dari data yang ada pada tahun 2020-2030 Indonesia akan mendapat bonus demografi penduduk. Pada demografi penduduk kali ini akan banyak anak muda yang akan terlahir, berkarya dan melanjutkan perjuangan bangsa Indonesia di tahun tersebut. Hal ini diproyeksikan tepat satu abad Indonesia merdeka atau tahun 2045.” Kata Muhammad Taris saat ditemui disela-sela kegiatannya dalam mempersiapkan P2K di Among Rogo.

Bonus demografi adalah jumlah usia angkatan kerja dengan usia 15-64 tahun mencapai 70 persen. Sedangkan 30 persen penduduknya adalah berusia tidak produktif yaitu usia 14 tahun ke bawah dan di atas 65 tahun. Artinya dalam kurun waktu 3-13 tahun ke depan bangasa Indonesia akan memiliki banyak sekali SDM yang tengah pada puncak usia produktif.

Lebih jauh lagi Muhammad Taris menjelaskan, akan ada stage performance yang ditampilkan di P2K kali ini dengan tema besar Menuju Indonesia Emas. Stage performance akan dibagi menjadi dua jenis. Stage performance yang pertama akan ditampilkan oleh mahasiswa UAD angkatan 2013-2016 untuk menyambut mahasiswa baru (MABA). Sedangkan stage performance yang kedua akan ditampilkan oleh mahasiswa baru dari setiap fakultas untuk menampilkan bakat yang dimiliki oleh mereka. Dengan adanya rangkaian P2K ini diharapkan dapat mengangkat  jiwa nasionalisme untuk terwujudnya Indonesia Emas di tahun 2045. (Ami)