You are here

PBSI UAD Hadirkan Seno Gumira Ajidarma dalam Kuliah Umum

Indonesian

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar kuliah umum pada Selasa (19/9/2017). Kuliah umum yang mengangkat tema "Membangun Jiwa Kritis melalui Kritik Sastra" tersebut diisi oleh Dr. Seno Gumira Ajidarma, M.Hum., Rektor Institut Kesenian Jakarta. Kuliah umum yang digelar di auditorium kampus 2 UAD, Jalan Pramuka Umbulharjo itu dihadiri seluruh mahasiswa PBSI semester satu dan tiga, dosen, serta tamu undangan. Dalam kesempatan tersebut, turut tampil pula divisi musik Teater Jaringan Anak Bahasa (JAB) yang menampilkan musikalisasi puisi.

Wakil Dekan FKIP, Dr. Suparman, M.DEA., dalam sambutannya mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut. Ia juga berharap acara ini dapat memotivasi mahasiswa untuk belajar menjadi pendidik maupun sastrawan yang kritis.

Sementara itu, Dra. Triwati Rahayu, M.Hum., selaku kepala Prodi PBSI berharap dengan dilaksanakannya kuliah umum ini, mahasiswa dapat termotivasi dan mendapatkan pengalaman tentang kesusastraan yang lebih banyak lagi.

Dalam pembahasannya, Seno mengemukakan bahwa urusan sastra bukan hanya urusan indah dan menyenangkan, tetapi juga harus ditanggapi dengan kritis. (dev)