pengabdian_masy_2017_1.jpg

Pengabdian kepada Masyarakat melalui Pemberdayaan Masyarakat guna Peningkatan Mutu Produk Olahan Cokelat

Senin (31/7/2017), telah dilaksanakan upacara penerjunan KKN PPM  Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Acara tersebut bertempat di kantor Kecamatan Patuk, Gunungkidul. KKN PPM merupakan program pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan 27 mahasiswa, dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat melalui Peningkatan Mutu Produk Olahan Cokelat guna Meningkatkan Kemandirian Usaha”.

Program menarik ini diusung oleh 2 dosen dari Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri (FTI UAD), yaitu  Isana Arum Primasari, ST, M.T. dan Annie Purwani, STP, M.T. Potensi tanaman cokelat dusun Gumawang dinilai sangat bagus sehingga selama dua tahun ini dijadikan desa binaan FTI UAD, yang bekerja sama dengan Kemenristek Dikti. Harapannya, akan ada tindak lanjut untuk progam-program lainnya.

R. Haryo Ambar Suwardi, S.H., M.Si., selaku Camat menyambut baik program tersebut. Ia berpesan untuk selalu melaksanakan pemberdayaan masyarakat di mana pun berada. Selama ini, ia selalu mengedepankan produk lokal dan meminimalisir penggunaan produk asing, supaya produk-produk lokal dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat setempat.

“Saya berharap program ini dapat berkelanjutan karena progam dari UAD selama ini sudah sejalan dengan program Kecamatan Patuk. Ini dalam rangka mewujudkan Patuk sebagai ‘Kampung Cokelat’,” ujarnya.

Upacara penerjunan KKN PPM diakhiri dengan penandatangan Berita Acara Serah Terima Bantuan Alat Pengolahan Cokelat yang selanjutkan akan diteruskan kepada 3 dusun yang menjadi sasaran program tersebut.

Kegiatan KKN PPM ini dilaksanakan di 3 dusun binaan cokelat, yaitu dusun Gumawang, Plumbungan, dan Plosokerep. Beberapa program yang akan dilakukan selama 35 hari ke depan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, perbaikan proses produksi dan pengemasan, diversifikasi olahan pangan lokal dan cokelat, pendampingan pengurusan PIRT, serta pemasaran produk. Program akan diakhiri dengan acara “Gelar Produk” bersamaan dengan perayaan Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2017 yang akan dilaksanakan di kantor Kecamatan Patuk. / (ns)