You are here

UAD Tuan Rumah Peksiminas Tangkai Lomba Seni Sastra

Indonesian

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dipercaya menjadi tuan rumah Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XIV 2018 yang diselenggarakan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tangkai lombanya antara lain baca puisi putra dan putri, penulisan puisi, penulisan cerita pendek, serta penulisan lakon.

Total peserta baca puisi putra 30 dan putri 31. Sementara penulisan puisi 32, cerita pendek 28, dan penulisan lakon 22. Peserta merupakan mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dari berbagai wilayah mewakili setiap provinsi yang ada di Indonesia.

Pada acara pembukaan, Dr. Sumaryadi, M.Pd., perwakilan Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) DIY menyampaikan, Peksiminas di DIY diselenggarakan di beberapa perguruan tinggi. “Jadi ada kolaborasi dan kerja sama dari berbagai perguruan tinggi DIY,” terangnya di aula barat kampus 4 UAD, Jln. Ringroad Selatan, Tamanan, Bantul, Yogyakarta, Rabu (17/10/2018).

Di sisi lain, Rektor UAD, Dr. Kasiyarno, M.Hum., mengungkapkan rasa terima kasih dan kebanggaannya karena UAD telah diberi kepercayaan untuk menjadi tuan rumah Peksiminas tangkai lomba seni sastra.

Peksiminas merupakan ajang mahasiswa untuk membuktikan kemampuan, potensi, dan bakat minatnya. Di bidang seni sastra, kami melihat ketertarikan mahasiswa semakin meningkat. Ini dapat dilihat dari meningkatnya peminat yang berasal dari luar fakultas maupun program studi yang orientasinya sastra,” tandasnya.

Menurutnya, peningkatan tersebut dinilai sangat bermanfaat dalam mengembangkan emosi, mental, dan pemikiran mahasiswa. Dalam proses penulisan seni sastra akan memunculkan nilai edukatif yang bagus. “Misalnya menciptakan mahasiswa bermental juara yang memiliki rasa saling menghargai dan menghormati sesama.

Pada Peksiminas XIV 2018 ini, UAD mengirimkan satu wakilnya di tangkai lomba penulisan puisi atas nama Alfiandana Susilo Aji dari Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK). (ard)