You are here

7 Mahasiswa UAD Ikuti Short Course di India

Indonesian

Pada Januari 2017 lalu, telah berlangsung acara India Edu Fair yang diselenggarakan di kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan dihadiri oleh 14 universitas dari India. Kegiatan menarik itu merupakan kerja sama UAD dengan TIE UPS International. UAD juga melakukan penandatangan MoU dengan tiga universitas India, yaitu  Dr. AMBEDKAR Institute of Technology Bengaluru Karnataka,  Sathyabama University, dan Garden City University India.

Selanjutnya, untuk merealisasikan MoU dengan Satyabhama University Chennai, UAD mengirim 7 mahasiswa Pascasarjana Teknik Informasi untuk mengikuti Short Course dengan topik Cloud Computing selama 2 minggu. Ketujuh mahasiswa tersebut adalah Miladiah, Faqihuddin Al Anshori, Tresna Yudha Prawira, M. Nashiruddin Darajat, Ockhy Jey Fhiter Wassalam, Sapriani Gustina, dan Iif Alfiyarul Mukaromah.  Mereka juga didampingi oleh dosen pembimbing dari UAD, Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D., yang merupakan dosen UAD lulusan Hyderabad University India.

Dalam kunjungan dua minggu sejak 29 Juni hingga 15 Juli 2017, ketujuh mahasiswa itu pergi ke laboratorium, mengikuti kelas, dan berpartisipasi dalam seminar yang diadakan oleh Sathyabama University.

Selain itu, pada 16 Oktober hingga 2 November 2017, 5 mahasiswa Pascasarjana Psikologi atas nama Amalia Sadik Jumiati Kahar, Hasna Komari Agustin, Inda Purwasih, Karyati, dan Nova Indriati yang didampingi oleh Triantoro Safaria, Ph.D. (Dosen Master Psikologi) juga melakukan kunjungan akademik dan budaya ke Garden City University (GCU) India.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan tim dalam kunjungan ini, seperti mengunjungi fasilitas-fasilitas di GCU, menghadiri workshop tentang “Stress Manajemen”, masing-masing mahasiswa dan dosen pendamping memberikan presentasi di bidang masing-masing, serta lain-lain. Untuk mendapatkan pengalaman langsung tentang budaya India, mahasiswa dan dosen UAD mendapatkan kesempatan menyaksikan perayaan Diwali.