You are here

UAD Beri Perhatian Khusus pada PKM

Undefined

UAD-BeriPerhatianKhususpadaPKM

Budaya membuat karya tulis ilmiah memang sudah seharusnya terlihat di kalangan mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Terutama sebagai mahasiwa yang dapat berpikir kritis dalam menanggapi permasalahan yang ada di masyarakat. Kemudian mencari solusi dari setiap permasalahan tersebut dengan memanfaatkan ilmu yang telah diperoleh pada perkuliahan, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. Hal ini ditunjukkan dengan antusias dari mahasiswa UAD yang telah membuat proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Melihat semangat mahasiswa UAD dalam mengikuti PKM, pihak universitas pun tidak menyia-nyiakannya begitu saja. Universitas memberikan perhatian khusus pada PKM kali ini. Sejak hari Rabu, 22 Februari 2012 kemarin, mahasiswa telah mengumpulkan PKM-Karya Tulis (KT) yang terdiri dari PKM-Gagasan Tertulis (GT) dan PKM-Artikel Ilmiah (AI) kepada pihak kemahasiswaan UAD. 130 PKM-KT yang terkumpul ini kemudian direveiw oleh Dr. Ir. Endy Suwondo, reviewer dari Universitas Gajah Mada (UGM).

Kemudian pada hari Sabtu (25/02/2012) diadakanlah Pelatihan Singkat dan Penyampaian Hasil Review Program Kreativitas Mahasiswa – Karya Tulis (PKM-KT) oleh pihak UAD, guna meningkatkan kualitas penulisan mahasiswa. Dengan penuh antusias, mahasiswa memenuhi ruang Auditorium Kampus I UAD. Dr. Ir. Endy Suwondo, pembiacara pada pelatihan singkat ini menyampaikan beberapa koreksi dari proposal PKM yang telah beliau review, sehingga mahasiswa dapat mengetahui letak kesalahannya dan diperbaiki sebelum dikirim ke Pendidikan Tinggi (Dikti).

Dr. Ir. Endy Suwondo menyampaikan bahwa PKM-GT adalah sebuah mimpi yang dapat diwujudkan, di mana mimpi tersebut berdasarkan fakta dan apabila terwujud maka akan berdampak luas. Hal ini beliau sampaikan agar PKM-GT yang ditulis oleh mahasiswa UAD tidak terlepas dari kaidah PKM-GT. Selain itu, beliau juga menekankan pada solusi apa yang ditawarkan oleh mahasiswa di dalam proposal PKM-nya sehingga tidak hanya berisikan uraian fakta.(ARA)