You are here

Mahasiswa Teknologi Pangan UAD Pelajari Budaya dan Makanan Jepang

Indonesian

Program Studi Teknologi Pangan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengadakan kuliah umum dengan tajuk “Japanise Life Culture and Healthy Food”. Acara yang berlangsung di kampus 4 UAD, Jln. Ringroad Selatan, Tamanan, Bantul, Senin (2/7/2018) diikuti oleh mahasiswa semseter dua.

Pada kesempatan tersebut, hadir sebagai pembicara Dr. Erni Johan, Agr. dari Graduate School of Science and Engineering, Ehime University, Jepang. Erni banyak memaparkan perihal kebudayaan dan makanan yang ada di Jepang.

“Masakan Jepang bisa dibilang healty food. Selain mengutamakan kandungan gizi, penyajian juga menjadi hal yang penting. Ini yang perlu dipelajari. Di Indonesia juga banyak bahan baku makanan sehat, tinggal cara mengelolanya,” terang Erni.

Ia juga mengungkapkan, saat ini di Jepang sedang tren dengan masakan dari luar negeri. Orang-orang di sana mulai tertarik dengan masakan khas dari negara lain. “Tren ini bisa menjadi peluang untuk membuka usaha di Jepang,” tandasnya.

Sementara Ketua Program Studi Teknologi Pangan, Ika Dyah Kumalasari, Ph.D. mengungkapkan, kuliah umum ini untuk berbagi informasi tentang kultur dan makanan sehat Jepang. Ia mengharapkan mahasiswa dapat melakukan penelitian terkait makanan sehat.

“Kami fokus pada pangan fungsional. Selain itu pada pengembangan jenis-jenis makanan sehat. Mahasiswa harus kreatif dan inovatif, supaya mampu menghasilkan produk makanan yang sehat.”

Ke depan, rencananya akan ada kerja sama dengan Ehime University Jepang. Kuliah umum ini untuk menginisiasi aktivitas sebelum ada penandatanganan nota kesepahaman antarkedua pihak. (ard)